BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 07 November 2009

Manfaat Olahraga Singkat

Tentunya semua orang telah mengetahui manfaat dari olahraga bagi kebugaran fisik maupun kesehatan jantung. Tapi dalam sebuah penelitian baru dilaporkan bahwa olahraga singkat yang dilakukan tiap hari pun ternyata dapat mengurangi tingkat keletihan dan memperbaiki suasana hati.

Dalam penelitian yang melibatkan 14 mahasiswi yang berusia 20-26 tahun, terlihat bahwa para mahasiswi yang berolahraga sepeda statis dengan tingkat beban menengah dan rentang waktu lebih lama tidak mengalami tambahan perbaikan suasana hati maupun rasa sejahtera dibanding mereka yang berolahraga dalam waktu yang lebih singkat.

Menurut para peneliti, hasil temuan mereka ini telah mengentaskan rekomendasi-rekomendasi sebelumnya yang mengharuskan setiap orang dewasa sehat untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, yang dapat dibagi ke dalam beberapa sesi olahraga agar mendapatkan kebugaran positif dan berbagai manfaat kesehatan.

Di awal penelitian tersebut, para mahasiswi diharuskan untuk menjawab pertanyaan mengenai suasana hati mereka sebelum dan sesudah berolahraga. Kemudian para peneliti melakukan pengukuran terhadap tekanan darah, detak jantung, tinggi badan, dan berat badan mereka. Kemudian para mahasiswi tersebut harus mengayuh sepeda statis dalam sekali seminggu selama sebulan dan dengan kecepatan sedang (selama 10 menit, 20 menit, atau 30 menit) atau hanya duduk diam selama 30 menit.

Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan signifikan dalam tingkat keletihan serta tingkat energi setelah mereka berolahraga selama 10 menit. Memang olahraga tidak terlihat mampu menghilangkan ketegangan, depresi ataupun kemarahan mereka, namun perasaan-perasaan itu setidaknya telah mengalami penurunan.

Akhirnya para peneliti menyimpulkan bahwa olahraga singkat selama 10 menit dengan tingkat aerobik 60% dari detak jantung maksimum pun sudah cukup untuk meningkatkan tenaga, menurunkan keletihan, dan menurunkan suasana hati yang negatif.

0 komentar: