BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 17 November 2009

Bakteri pun Bisa Sebabkan Stroke

Bakteri pun Bisa Sebabkan Stroke
Ilustrasi

Selasa, 17 November 2009 | 17:35 WIB

- Meski tekanan darah tinggi dan merokok merupakan faktor risiko terjadinya stroke, namun tak sedikit kasus stroke yang tak bisa ditemukan penyebabnya. Para ahli kini mengarahkan kecurigaannya pada infeksi bakteri berbahaya atau patogen.

Studi teranyar menemukan kaitan antara lima jenis patogen dengan meningkatnya risiko penyakit yang menempati urutan ketiga penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di dunia setelah penyakit jantung koroner dan semua jenis kanker ini.

Infeksi patogen tersebut antara lain Chlamydia pneumoniae, Helicobacter pylori, cytomegalovirus, dan virus herpes simplex 1 dan 2.

"Masing-masing bakteri ini mungkin bersembunyi setelah infeksi akut dan terus bertahan di tubuh dalam kadar infeksi kronik skala rendah," kata ketua peneliti Dr.Mitchell S.V. Elkind, profesor neurology dari Columbia University Medical Center.

Ia menambahkan, infeksi dalam kadar rendah serta inflamasi pada dinding pembuluh darah bisa menimbulkan terjadinya stroke. Dalam risetnya, Elkind dan timnya mengamati 1.625 penduduk yang tinggal di Manhattan. Rata-rata responden itu berusia 68 tahun dan bebas stroke pada awal studi. Delapan tahun kemudian, 67 responden dilaporkan mengalami serangan stroke.

Dr. Elkind mengingatkan bahwa studi ini memang tidak membuktikan hubungan sebab akibat antara infeksi dan stroke, hanya hubungan tidak langsung.

0 komentar: