BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 12 November 2009

Akademi Fantasi Indosiar

Akademi Fantasi Indosiar


Akademi Fantasi Indosiar adalah suatu ajang pencarian bakat yang diadaptasi dari acara berjudul La Academia di Meksiko. Ajang yang ditayangkan di Indosiar ini merupakan pencarian idola di bidang tarik suara. Selain Indonesia, dibeberapa negara lain juga diselenggarakan acara serupa seperti di Malaysia acara tersebut bernama Akademi Fantasia yang telah mencapai 7 musim pada 2009. Di Amerika Serikat dikenal dengan nama La Academia USA dan di Thailand dengan nama Academy Fantasia yang telah mencapai 5 musim pada 2009. Akademi Fantasi Indosiar juga telah mendapat sebuah penghargaan dari Panasonic Awards 2004 dalam nominasi Variety Show Terbaik 2004.

Setelah melalui proses audisi, dipilihlah 12 peserta yang berhak mendapat julukan akademia selama mereka berada di AFI. Para akademia ini tinggal di sebuah tempat (asrama). Di tempat ini mereka melakukan berbagai macam aktivitas seperti, berlatih vokal, koreografi, teater, dan sebagainya dengan dibimbing oleh guru-guru profesional seperti Tamam Husein, Ubiet, Ari Tulang, Didi Petet, Bertha, Dian HP, Mini Rose, Mr.David dan masih banyak lagi. Seluruh aktivitas mereka lakukan bersama sehingga rasa persaudaraan di antara mereka cukup kental.

Setiap minggunya para akademia tampil dalam konser eliminasi, di mana salah satu dari mereka harus pulang karena mendapat dukungan terkecil. Konser Grand Final diselenggarakan apabila telah terpilih 3 akademia yang bertahan di minggu ke 9 / minggu eliminasi terakhir. Dalam sejarah pertelevisian Indonesia, AFI 1 dan 2 merupakan acara yang mendapat rating tertinggi Grand Finalnya sepanjang tahun 2000 sampai saat ini.

Setelah acara Grand Final, seluruh akademia disahkan untuk mendapat embel-embel "AFI" di belakang namanya serta mendapat piala khas AFI dan terikat kontrak eksklusif dengan pihak Indosiar selama jangka waktu tertentu yang telah disepakati oleh akademia dan pihak Indosiar. Selama masa kontrak, mereka merilis album kompilasi dan mengadakan tur promosi di kota besar di Indonesia, selain itu mereka pun tampil di sinetron Menuju Puncak, Film Layar Lebar "Fantasi", dan beberapa FTV produksi Indosiar.

Pada tahun 2006, rating AFI mengalami penurunan yang sangat drastis dibanding musim sebelumnya. Di tahun berikutnya, tepatnya tanggal 11 Januari 2007, program AFI dinyatakan telah dihapus dari daftar program Indosiar & digantikan dengan kehadiran Mamamia. Namun, pada tahun 2008, banyak sekali masyarakat yang meminta agar AFI kembali hadir dalam layar kaca Indosiar.


Pengajar

Nama Pengajar Bertugas
Tamam Husein Kepala Sekolah
Bertha (musim pertama)
Ubiet (musim kedua hingga AFI 2005)
Otty Jamalus (musim kelima tahun 2006)
Vokal
Didi Petet Guru Akting
Ari Tulang (musim pertama sampai AFI 2005)
Arinto (musim kelima tahun 2006)
Koreografer
Rose Mini Psikolog
Mr. David Guru Bahasa Inggris


Rintisan tiap musim


Musim Pertama

Pada musim pertama, pihak dewan juri Indosiar dan AFI menyeleksi para calon didiknya atau yang disebut para " akademia" dari 4 kota besar di Indonesia, meliputi Jakarta , Bandung , Surabaya dan Medan . Dari 4 kota itu diadakanlah audisi darai ribuan peserta untuk mendapatkan 12 orang yang nantinya akan terpilih untuk mendapat pendidikan oleh para pengajar selma kurang lebih selama 70 hari di jakarta . Ke 12 finalis yang lolos ke abbak konser adalah: KIA SUBAN , RINI ASTUTI dan ISMAIL ROZALI (Smile) yang mewakili kota Jakarta . ICHA WUWUNGAN , DEWI LASTMI , MAWAR FEBRA dan ROMI KARTIKO mewakili kota Bandung . DICKY HARYADI , HERAWATI dan VE NAZARINA dari Surabaya . dua akademia terakhir adalah VERI AFANDI dan YENNY RIZKIYANTI dari kota medan .

Setelah 9 minggu menggelar konser eliminasi, Akademi Fantasi Indosiar musim pertama (2003-2004) dimenangkan oleh Veri Afandi, finalis audisi Medan yang berhasil menyisihkan Kia Suban dan Mawar Febra di malam grand final dengan mengantongi lebih dari 45% sms dari pemirsa Indosiar. Kemenangan Veri yang tidak diduga jika diliaht di dari perjalanan musim pertama yang lebih memfavoritkan Mawar dan Dicky di awal awal minggu, membuat banyak yang menilai kemenangan Veri hanya . dikarenakan faktor popularitas dan cerita tentang masa lalu Veri yang banyak menyentuh hati pemirsa, terutama ibu ibu. Komentar dan penampilan baik yang ditampilkan Mawar dan Kia di malam Grand Final tetap tidak membuat polling sms Veri mampu terkejar. Veri yang masa lalunya dikisahkan cukup menuai banyak perjalanan pahit membuat polling smsnya tiba tiba melonjak menjelang minggu ke 8, dan tidak dapat dikejar sampai malam Grand Final oleh finalis lain, termasuk Mawar.


Top sms Bottom sms Eliminasi
Babak: Konser Eliminasi
Minggu: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Final
Posisi Kontestan Hasil
1 Veri Afandi




Top 1 Top 1 Top 1 Top 1 Juara
2 Kia Suban




Btm 2

Btm 3 Juara 2
3 Mawar Febra Top 1 Top 1 Top 1 Top 1 Top 1
Btm 2 Btm 3 Btm 2 Juara 3
4 Ve Nazarina






Btm 2 Elim
5 Rini Astuti
Btm 3

Btm 3
Btm 3 Elim
6 Dicky Haryadi




Btm 3 Elim
7 Romi Kartiko


Btm 3 Btm 2 Elim
8 Icha Wuwungan
Btm 2 Btm 2 Btm 2 Elim
9 Smile Rozali Btm 3
Btm 3 Elim
10 Yenny Rizkiyanti

Elim
11 Herawati Btm 2 Elim
12 Dewi Lastmi Elim

Musim Kedua

Setelah sukses di putaran pertama , AFI kemudian menggelar ajang serupa bertitel Akademi Fantasi Indosiar 2, yang dilaksanakan hanya satu minggu setelah AFI1 berakhir. Tak jauh beda dari AFI1 , konsep AFI2 hampir samam dengan yang terdapat di AFI1, bedanya mungkin dari segi pemilihan 12 akademia yang masuk ke dalam karantina. Di AFI2 yang menentukan 12 orang Akademianya adalah pemirsa Indosiar . Pada Mulanay, setelah mendapatkan 18 calon akademia dari 9 kota, Yogyakarta dan Semarang adalah kota tambahan, digelar Konser Pre-eliminasi sebanyak 3 kali untuk menyaring 18 calon akademia menjadi 12 akademia. Dalam konser Pre-eliminasi 1 terpilih 6 dari 9 calon akademia perwakilan Jakarta , Bandung dan Medan, di konser ini terpilihlah MICKY OCTAPATIKA dan CINDY SIBARANI (Jakarta) mengalahkan Purie, yang kini lebih dikena dengan Puri mahadewi , RINDU FEBIANE dan AMALIA SORAYA (Bandung) serta PASHA SIHOMBING dan HAIKAL NASUTION (Medan) . Minggu berikutnya di Konser Pre-eliminasi 2 terpilihlah 6 dari 9 orang calon kademia wakil Semarang , Surabaya dan Yogyakarta . Mereka yang lolos adalah TIA MEILANI dan NANA YULIA (Sermarang) , ADITIA WIJAYA dan NIA KARTIKA (Surabaya) serta ADI DHARMA dan JOVITA PUSRPITASARI (Yogya) . Ke 12 orang inilah para akademia yang berjuang di AFI2 .

AFI2 dimanangkan oleh Tia dari Semarang, jawara yang telah diduga banyak orang sebelumnya. Tia yang setiap minggunya berhasil menjadi favorit para juri, yang juga pernah mencatatkan penampilan terbaiknya di lagu My All (Mariah Carey), Tak Ku Duga (Ruth Sahanaya), Bring Me To Live (Evanessence) dan Pengabdian Cinta (Krisdayanti) berhasil meraih 42% suara mengalahkan Micky dan Haikal di malam grand final.


Top sms Bottom sms Eliminasi
Babak: Konser Eliminasi
Minggu: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Final
Posisi Kontestan Hasil
1 Theodora Meilani Setyawati (Tia) Top 1 Top 1
Top 1

Top 1 Top 1 Top 1 Juara
2 Haikal Nasution



Top 1 Top 1
Btm 2 Btm 3 Juara 2
3 Micky Octapatika

Top 1



Btm 3 Btm 2 Juara 3
4 Nia Kartika Putri







Elim
5 Cindy Carolina Sibarani


Btm 3 Btm 3 Btm 3 Btm 3 Elim
6 R. Setia Adi Darma
Btm 2
Btm 2 Btm 2 Btm 2 Elim
7 Aditya Wijaya (Adit)
Btm 3


Elim
8 Pasha Dina Widjaya Sihombing Btm 3
Btm 2
Elim
9 Febriane Nur Permata

Btm 3 Elim
10 Nana Yulia Nining Kusumawati Btm 2
Elim
11 Amalia Soraya
Elim
12 Jovita Dwi Indah Puspitasari Elim

Musim Ketiga

Jika di AFI-1 juri yang meloloskan 12 Akademia, dan AFI-2 pemirsalah yang meloloskan 12 Akademia, di AFI-3 yang memutuskan adalah 50-50 , penentuan akademia berdasarkan dari polling dan dewan juri,yang didapatkan melalui tiga kali Konser Pre-eliminasi untuk menyaring 22 calon akademia menjadi 12 Akademia dengan tiga tambahan kota audisi, Denpasar, Makassar dan Palembang, di bawah penilaian Trie Utami, Tama Hosein serta Harry Roesly.

Melalui tiga kali konser, didapatkanlah 12 akademia yang lolos mewakili kota masing masing, INTAN (Jakarta) dan RANDY (Makassar) dari Konser Pre-eliminasi 1 , DESSY (Medan) , SUTHA (Denpasar) dan EKY (Surabaya) dari Pre-eliminasi 2 , serta RIFKY (Semarang) , TARI (Bandung) , YUKE (Palembang) serta SHELLY (Yogyakarta) dari Pre-eliminasi 3 . Kemudian untuk melengkapi menjadi 12 Akademia, dipilihlah 3 finalis lain berdasarkan pilihan dewan juri untuk memilih 3 wild card dari akademia yang tersisa. Mereka yang lolos adalah LEO (Makassar), ALVIN (Yogyakarta) serta JELITA (Jakarta).

AFI-3 mencatatkan tiga rekor baru dalam sejarah AFI. Yang pertama dengan menyisakan all men dalam Grand Final, satu satunya finalis perempuan yang tersisa, Eky, tereliminasi di babak 4 besar. Yang kedua dengan selisih perolehan sms Grand Final yang amat tipi sekali Sutha dengan 38,61% disusul Alvin dengan 38,57%. Dalam konser Grand Final, Sutha berhasil menjadi juara pertama dengan mengantongi 0,06% sms lebih banyak dari lawan terberatnya Alvin yang menjadi juara ke 2 disusul Leo di posisi ke 3. Rekor ketiga didapat dari Sutha sebagai juara AFI termuda dalam angkatannya. Sutha menjadi juara AFI termuda karena pada saat itu dia baru berusia 18 tahun.

Top sms Bottom sms Eliminasi
Babak: Konser Eliminasi
Minggu: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Final
Posisi Kontestan Hasil
1 Putu Sutha Natawijaya
Top 1
Top 1



Top 1 Juara
2 Alvin Kurniawan

Top 1
Top 1 Btm 3 Top 1 Top 1 Btm 3 Juara 2
3 Edwin Haluoleo Agus Mokodompit (Leo) Top 1





Btm 3 Btm 2 Juara 3
4 Eky Renata





Btm 3 Btm 2 Elim
5 Rifky Adi Prakoso Btm 2 Btm 2 Btm 3 Btm 3 Btm 3 Top 1 Btm 2 Elim
6 Desy Febrianti
Btm 3 Btm 2
Btm 2 Btm 2 Elim
7 Randy Larry Rehatta




Elim
8 Intan Permatasari


Btm 2 Elim
9 Lestari Utami


Elim
10 Yuke Elvandari

Elim
11 Jelita Novalentina Tobing Btm 3 Elim
12 Shelly Puspitasari Elim

Musim Keempat

Di musim yang keempat, AFI tidak lagi menggunakan angka dibelakangnya, namun menggunakan tahun. Oleh karena itulah, AFI di musim keempat ini sering kita kenal AFI 2005. AFI 2005 boleh dibilang sebagai penyelamat AFI, karena dimusim ketiga, AFI sedikit mengalami penurunan rating karena penonton sudah mulai jenuh. Namun di AFI 2005, kejenuhan itu bisa teratasi dan akhirnya rating AFI mengalami penaikan. Sistem pemilihan AFI 2005 sedikit berbeda dibanding musim sebelumnya. Audisi AFI 2005 digelar di 11 kota besar di Indonesia. Untuk memasuki asrama AFI, mereka harus mengikuti konser seleksi dimana konser itu mengelompokkan akademia di kelompok Hip dan Hop. Sistem dukungan pun masih memakai SMS dan Premium Call. Di konser Hip Hop, kota Medan dan Palembang gagal mengirimkan wakilnya, yaitu Nonie dan Marissa karena tereliminasi. Marissa tereliminasi pertama di kelompok Hip. Sedangkan Nonie tereliminasi pada saat penentuan 6 besar kelompok Hop. Pada akhirnya terpilih 12 terbaik, yaitu BOJES (Jakarta), TIKA & TIWI (BANDUNG), FIBRI (SEMARANG), YONGKI & ANJAR (Jogja), LURI (Surabaya), DEWA (Denpasar), INDRI & ARJUNA (Makassar), RIZWAR (Banjarmasin) serta ADE (Manado). AFI 2005 merupakan AFI ter-anak muda dan ter-refresh dibanding AFI lainnya.

Top sms Bottom sms Eliminasi
Babak: Konser Eliminasi
Minggu: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Final
Posisi Kontestan Hasil
1 Ade








Juara
2 Indri



Btm 2



Juara 2
3 Jisindo Beaugeste








Juara 3
4 Anjar







Elim
5 Luri
Btm 2




Elim
6 Prastiwi Dwiarti





Elim
7 Rizwar




Elim
8 Kartika Yudia Ramlan Btm 2 Top 1 Top 1 Btm 2 Elim
9 Fibri


Elim
10 Yongki

Elim
11 Dewa
Elim
12 Arjuna Elim

Musim Kelima

AFI musim kelima atau AFI 2006 merupakan AFI terakhir yang diselenggarakan. AFI 2006 dinilai paling gagal, namun para akademianya tidaklah gagal. Para akademia AFI 2006 merupakan akademia pilihan karena mereka harus melalui perjuangan panjang di konser Duel untuk menjadi pemenang dan membawa hadiah liburan ke Las Vegas dan menonton konser Celline Dion. Para akademia AFI 2006 adalah HENDRI & TAUFAN (Medan), OLY (Bandung), MEGA & TAKEDA (Jakarta), WIDI & VINDRA (Semarang), ANCA & ARIN (Manado), RITA (MAKASSAR) serta ANDY & DIAN (Surabaya).

Musim Pemenang Runner-up Finalis lain Keterangan
Keempat (AFI 2005) Ade I: Indri
II: Bojes
Anjar
Luri
Tiwi
Rizwar
Tika
Fibri
Yongki
Dewa
Arjuna
Arjuna menjadi juara favorit
Kelima (AFI 2006) Widi I: Andi
II: Mega
Taufan
Arin
Hendri
Rita
Oly
Dian
Takeda
Anca
Vindra
Rita dan Vindra yang sebelumnya telah tereliminasi, kembali bertanding setelah mendapatkan 2 buah tiket wildcard

Trivia

  • Hampir disetiap album kompilasi, meraih platinum.
  • Dalam AFI 1, Lastmi, Hera dan Yenny membentuk Trio AFI dengan lagu Arti Mencinta karya Rieka Roeslan.
  • Kia AFI 1 berhasil masuk nominasi AMI Awards atas lagu Harus Sampai Disini karya Glenn Fredly.
  • Diawal tahun 2006 Mawar AFI 1 terlibat kasus video mesum yang diduga direkam oleh teman laki-lakinya dan membuatnya dipecat oleh manajemen AFI.[2]
  • AFI 1 dan AFI 2 bermain bersama dalam Film Fantasi,namun hanya Mawar AFI 1 yang tidak melibatkan diri.
  • Akademia AFI yang terlibat cinta lokasi setelah bertemu diajang ini diantaranya Adit dan Nia (AFI 2), Leo dan Yuke (AFI 3), Arjuna dan Luri (AFI 2005).
  • Tika AFI 2005 seringkali dinilai masyarakat sebagai "jiplakan" Agnes Monica. Hal ini dikarenakan kemiripan wajah mereka
  • Beberapa alumnus AFI yang mulai mengisi dunia musik Indonesia selepas dari AFI adalah:
    • AFI 1:
      • Very membuat band sendiri
    • AFI 2:
      • Tia merilis album perdananya yang bertitel Tulus ditahun 2008 dengan hits single berjudul sama, Tulus dan berduet dengan Teguh Vagetoz.
      • Haikal ditahun 2007 membuat album perdananya yang bertitel Balik Kampung. Dialbum ini, kental sekali dengan musik melayu.
      • Nia dan Adit membuat band dengan nama "Djawa", namun sekarang telah diubah namanya.
    • AFI 3:
      • Leo membuat grup band bernamakan Gen-Q
      • Alvin bergabung dengan band Base Jam pada 2009
      • Sutha menyumbangkan suaranya di lagu "Senandung Rindu" bersama Tohpati.
    • AFI 2005:
      • Tika dan Tiwi membentuk grup perempuan yang bernama T2. Albumnya yang bertitel OK cukup meledak dipasaran. Dengan lagu andalan OK dan Lelaki Cadangan.
      • Arjuna membuat sebuah band yang personilnya merupakan saudara dari ia sendiri yang dinamakan Bro dengan hits singel lagu yang berjudul Diriku Menggila.
      • Anjar mendirikan sebuah band yang dinamakan MySin dengan hits single Aku Kamu.
      • Bojes mendirikan band dengan nama Rocky.
    • AFI 2006:
      • Widi juga mendirikan band yang dinamakan Hello dengan hits single lagu yang berjudul Ular Berbisa.
      • Andi juga membuat sebuah band.
  • Vindra AFI 2006 dan kekasihnya diperiksa Polres Jambi karena foto syur mereka yang beredar dimasyarakat dan sempat membuat gempar.
  • Diawal tahun 2008, Fibri (AFI 2005) diberitakan bahwa ia ditelantarkan oleh Indosiar, dikatakan juga, makan 2kali sehari sudah dikatakan berlebihan bagi seorang Fibri. Namun kebenaran kabar ini tidak benar karena Fibri langsung mengemukakan pendapatnya.
  • Beberapa akademia seperti Very, Kia, Ve, Rini, Dicky, Tia, Haikal, Micky, Nia, Cindy, Adit, Sutha, Alvin, Eky, Randy, Desy, Indri, Bojes, Yongki, Anjar, Luri, & Arjuna tampil dalam Duel Show yang ditayangkan Indosiar bulan Februari lalu. Hasilnya, AFI 2 & AFI 2005 mampu bertahan di babak 4 besar yang melawan Mamamia & Stardut.
  • Di pertengahan tahun 2007, 4 bintang AFI, Tia, Indri, Ade & Adit terbang ke Amerika dalam rangka memeriahkan acara Dream Comes True AFI Goes To America di kantor KBRI Amerika.
  • Luri (AFI 2005) meninggal dunia pada 11 Januari 2009 setelah melahirkan anaknya. Luri menikah dengan Arjuna yang merupakan alumnus dari AFI 2005 juga.
  • Dewa AFI 2005 beserta Nonie, mantan calon akademia AFI 2005 asal Medan membuat sebuah grup yang dinamakan G-String dengan lambang kunci G.
  • Indri AFI 2005 membuat grup trio yang dinamakan Poe3Three
  • 2009 Lia AFI 2 mengeluarkan single

0 komentar: