BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 18 November 2009

Gara-gara Menunduk pada Kaisar Jepang, Obama Dikritik Habis-habisan



Washington - Foto-foto Presiden AS Barack Obama sewaktu bertemu Kaisar Jepang tengah menjadi pembahasan di Amerika. Sebab saat bersalaman dengan Kaisar Akihito, Obama menunduk hormat.

Tak ayal, sikap Obama itu menuai kritikan di AS. Acara-acara talk show politik telah berulang kali menayangkan momen tersebut. Menurut para pengkritik, Obama seharusnya berdiri tegak saat mewakili Amerika di luar negeri.

"Saya tidak tahu kenapa Presiden Obama berpikir itu pantas. Mungkin dia pikir itu akan bagus di Jepang. Tapi tidak pantas bagi seorang presiden Amerika untuk menunduk di depan orang asing," cetus kritikus William Kristol di acara Fox News Sunday seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (17/11/2009).

Bahkan menurutnya, sikap Obama itu menunjukkan AS telah menjadi lemah dan terlalu segan di bawah pemerintahan Obama.

"Itu buruk. Saya tak ingin melihatnya," kata kritikus Bill Bennett di program "State of the Union" di stasiun televisi CNN.

Para kritikus konservatif bahkan membandingkan foto Obama yang menunduk tersebut dengan mantan Wakil Presiden AS Dick Cheney pada tahun 2007 di Jepang. Saat itu Cheney menyalami Kaisar Jepang dengan jabatan tangan erat namun tidak menunduk.

0 komentar: