BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 02 Desember 2009

Ritual Sinjang : Tradisi Penyucian Benda-benda Pusaka

Ritual Sinjang : Tradisi Penyucian Benda-benda Pusaka

- Tradisi ini digelar di Masjid Agung Desa Pecaron, Kecamatan Kendit, Situbondo, tempat pemakaman Syech Romo Agung, serta petilasan Sunan Gunung Jati, yang turut menyiarkan agama Islam di Pulau Jawa.

Tradisi sinjang merupakan ritual penyucian benda-benda pusaka, diantaranya keris, tombak, maupun pakaian peninggalan Syech Romo Agung dan Sunan Gunung Jati.

Penyucian benda-benda pusaka ini biasanya digelar tengah malam, dan dilanjutkan pada pagi harinya dengan mengembalikan benda pusaka ke sebuah bilik masjid, yang konon dulunya merupakan tempat peristirahatan Syech Romo Agung dan Sunan Gunung Jati.

Suasana sakral dan khidmat tampak mewarnai jalannya seluruh prosesi ritual.

Ritual tradisi ini digelar setiap 2 tahun sekali dalam bulan Idul Adha, dan seperti biasanya, tradisi sinjang selalu dipadati ratusan warga dari berbagai daerah.

Selain mengharapkan berkah, warga juga meyakini jika meminum air bekas cucian benda-benda pusaka akan terhindarkan dari segala macam musibah ataupun penyakit.

Oleh karenanya usai ritual digelar, warga langsung mengambil air untuk kemudian meminumnya, ataupun membawanya pulang.

Tradisi ini sendiri digelar sebagai bentuk penghormatan warga terhadap para wali yang telah menyiarkan agama Islam.

Rangkaian prosesi ritual ini kemudian ditutup dengan istighosah dan doa bersama, yang bertujuan agar warga dihindarkan dari segala musibah dan bencana.

0 komentar: