BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 02 Desember 2009

Penyebab Haid Tidak Teratur

Penyebab Haid Tidak Teratur
Haid yang terhenti selama beberapa waktu atau tidak lancar, bisa disebabkan banyak hal.

(doc Corbis)

- Haid yang terhenti selama beberapa waktu atau tidak lancar, bisa disebabkan banyak hal. Antara lain stres, turunnya berat badan secara dratis atau masalah kesehatan yang serius.

Beberapa jenis obat pengontrol kehamilan juga bisa membuat haid terhenti. Hal itu karena obat pengontrol kehamilan mengandung hormon progestin yang dapat menghambat proses ovulasi yang berhubungan siklus menstruasi.

Kondisi lain yang bisa memicu haid tidak teratur adalah ketidakseimbangan hormon. Ketika terjadi perubahan pada level hormon estrogen atau progesteron dalam tubuh, maka haid bisa menjadi tidak teratur. Ketidakseimbangan level hormon dalam tubuh disebabkan perubahan pola makan yang drastis stres dan PCOS (polycystic ovarian syndrome).

PCOS adalah kumpulan gejala yang terjadi karena penumpukan folikel pada ovariuum (indung telur) yang berkembang tidak sempurna. Pada keadaan normal, ovarium hanya memproduksi sedikit hormon androgen. Tetapi, penderita PCOS mengalami peningkatan level androgen yang ditandai dengan tidak teraturnya siklus haid.

Masalah kelenjar tiroid, kelainan sistem endokrin, dan penyakit serius juga bisa memicu haid tidak teratur. Anoreksia atau hilangnya nafsu makan padahal merasa lapar karena kelainan psikis juga bisa memicu haid tidak teratur. Bahkan jika anoreksia sudah berada dalam kategori berat, haid bisa terhenti sama sekali. Hal itu karena tubuh kekurangan nutrisi dan organ-organ tidak berjalan sebagaimana mestinya termasuk organ reproduksi.

0 komentar: