BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 02 Desember 2009

Istana Bogor

Istana Bogor

- Berjalan memasuki Istana Bogor, ingatan seketika berjalan mundur pada peristiwa penjajahan Belanda, seperti yang diajarkan para guru sejarah Semasa sekolah dasar hingga tamat SMA. Dimanapun tempatnya, peninggalan Belanda selalu nyaris sama, Gedung bercat putih, pilar besar, jendela besar, pintu besar. Dan pasti halaman yang sangat luas.

Secara keseluruhan Istana Bogor mempunyai luas bangunan Utama dan halaman,seluas 1.5 ha. Di halaman istana, 800 an ekor rusa totol bebas lepas merumput mencari makananya.

Mulanya rusa totol hanya berjumlah 6 pasang yang didatangkan Belanda dari perbatasan India dan Nepal, Pada masa pemerintahan Gubernur Jendral William Deandels pada abad ke 18.

Istana Negara Bogor dibangun pada tahun 1745 oleh Gubernur Jendral Van Imhof. Pada mulanya Van Imhoff hanya menginginkan membangun sarana peristirahatan yang berlatarkan gunung.


Ketika Jepang mengambil alih kekuasaan Indonesia dari tangan Belanda Pada tahun 1942, Istana Bogor dijadikan markas pertahanan tentara Jepang.
Istana yang anggun dengan balutan Warna putih dengan dua kolam di depan dan belakangnya dirubah menjadi basis pertahanan Jepang yang menyeramkan .
Istana dirubah dengan warna hitam, sementara kolam di depan dan di belakang Istana di tutupi semak semak agar keberadaan Istana Bogor, benar-benar tersamar dan tidak terlihat oleh pasukan Sekutu yang memusuhi Jepang.

Namun setelah Indonesia mengumumkan kemerdekaanya di tahun 45, Indonesia tidak serta merta segera mengambil alih Istana Bogor.
Sekutu di bawah pimpinan Kolonel Thomson masuk Istana, Beruntung jiwa patriotik tentara Pribumi yang berasal dari tentara Pasundan, mengadakan perlawanan hingga akhirnya tahun 1949 pasukan sekutu bercerai berai dan meninggalkan istana bogor.

SEGMEN 2
Sejak awal pembangunan Istana Bogor oleh Belanda di pertengahan abad 17, Indonesia baru bisa memiliki Istana Bogor secara penuh, jauh setelah proklamasi kemerdekaan di bacakan Bung Karno.

Baru Pada tahun 1950 Indonesia memiliki Istana bogor secara penuh, Bung Karno sebagai presiden RI saat itu mempergunakan Istana Bogor untuk menjamu tamu tamu Negara.

Di bangunan utama ini juga terletak ruang garuda, ruang garuda merupakan ruang utama istana bogor, di ruang ini bung karno mengadakan resepsi resepsi kenegaraan, mengadakan sidang cabinet pertemuan pertemuan internasional hingga pementasan kesenian seperti tari Lenso dan wayang kulit.

Di dalam istana bogor yang sudah berusia lebih dari 250 tahun, juga menyimpan koleksi koleksi lukisan maestro dunia yang di kumpulkan oleh bung karno. tidak kurang dari 500 lukisan terpasang di dinding istana yang tersebar hingga pavilion kanan dan kiri istana.

Seperti lukisan Basuki Abdulah yang menceritakan pertempuran sengit Gatotkaca melawan Antareja yang diambil dari kisah sumbadra larung. Lukisan ini dibuat Basuki Abdulah pada tahun 1950.

0 komentar: