BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Senin, 30 November 2009

Jamur

BAGAIMANA membedakan jenis jamur yang dapat dimakan dan tidak membahayakan, dengan jenis lain yang membahayakan atau beracun? Terus terang jika hanya berdasarkan kepada bentuk, sifat, dan keadaannya, sangat sukar untuk membedakan jenis jamur beracun (membahayakan) dan tidak. Walau begitu, ada beberapa ketentuan yang sejauh ini dapat dijadikan pegangan untuk menentukan jenis jamur beracun dan tidak, dengan catatan ketentuan ini tidak dapat dijadikan pegangan yang 100% benar.

Beberapa ketentuan yang dapat dijadikan dasar pegangan dimaksud antara lain adalah tanda-tanda umum jamur beracun:

  1. Jenis jamur beracun pada umumnya memunyai warna yang mencolok semisal merah-darah, hitam-legam, biru-tua ataupun warna-warna lainnya. Walaupun ada pula jenis jamur beracun yang memunyai warna terang (kuning muda) atau putih, dan jamur yang dapat dimakan berwarna gelap, semacam warna cokelat-tua.
  2. Jenis jamur beracun dapat menghasilkan bau yang menusuk hidung, seperti bau telur busuk ataupun bau amoniak.
  3. Jenis jamur beracun memunyai cincin atau cawan. Walaupun ada yang sebaliknya, seperti jamur-merang memunyai cawan dan jamur kompos memunyai cincin, tetapi tidak termasuk jamur beracun.
  4. Jenis jamur beracun umumnya tumbuh pada tempat yang kotor, tempat pembuangan sampah, kotoran kandang, dan sebagainya. Walaupun untuk penanaman dan pemeliharaan jamur kompos justru dipakai kotoran kandang/kotoran kuda.
  5. Kalau jenis jamur beracun dikerat pisau yang terbuat dari perak, atau dikerat pisau biasa kemudian benda perak didekatkan kepada keratan tadi, maka pada benda perak terbentuk warna hitam atau biru. Hal itu menandakan jamur tersebut beracun.
  6. Jenis jamur beracun cepat sekali berubah warna, misalnya dari warna putih ke warna gelap kalau dimasak atau dipanaskan.
  7. Ada kebiasaan yang turun-temurun di antara petani di desa untuk menentukan apakah jamur beracun atau tidak, dengan jalan memepeskan bersama nasi putih. Kalau kemudian warna nasi berubah menjadi warna gelap, menandakan jamur itu termasuk jenis jamur beracun.
  8. Di banyak negara Eropa dan Amerika, banyak pemburu jamur yang sengaja membawa babi terlatih untuk membedakan jenis jamur beracun dan tidak. Cara lain yang dianjurkan kalau menemukan jenis jamur dan ingin mengetahui apakah termasuk jenis beracun atau tidak, adalah dengan menanyakan kepada penduduk setempat. Karena biasanya penduduk setempat sedikit banyak akan mengetahuinya, atau dapat memberikan penjelasannya.

Keracunan karena jamur
  • Keracunan akibat mengonsumsi jamur memunyai beberapa gejala.

    Keracunan karena muskarin, maka setelah 5-10 menit, si pemakan akan mengeluarkan air mata, peluh atau ludah, kemudian diikuti dengan penyempitan pupil mata. Gejala lebih lanjutnya berupa sesak nafas, buang air, pusing, lemah kolaps dan koma, dan diikuti oleh kejang-kejang dan akhirnya meninggal.
  • Keracunan karena racun lainnya, yaitu setelah 4-6 jam mengonsumsi, si pemakan akan menjadi haus, sakit perut yang hebat, muntah-muntah dan banyak mengeluarkan berak encer (muntaber). Lama-kelamaan akan menjadi shock dan akhirnya dapat menimbulkan kematian.

Cara menghindari

Tentunya dengan adanya gejala di atas setelah makan jamur, paling aman meminta bantuan yang berwenang, dokter atau paramedis yang ditunjuk. Karena dokter lalu akan melakukan usaha simtomatik atau suportif, dengan memberikan thiosulfas natrikus. Untuk penderita yang shock dapat pula diberikan larutan garam fisiologis (0,85% NaCl), sedang untuk penderita yang gawat dapat juga diberikan suntikan 0,25 mg antropin secara intra-muskular atau kalau mungkin per-oral.

Sering pula digunakan obat penawar yang sifatnya universal yang terdiri dari dua bagian arang kayu (dapat diganti dengan bakaran roti atau beras sampai hangus), satu bagian garam inggris, dua bagian asam tannin (dapat pula diganti dengan teh-keras/kental). Satu sendok campuran di atas kemudian diseduh di dalam satu gelas air masak, dan diminum.

Buah Yang Baik dikonsumsi Untuk Kebugaran

Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Kebugaran

- Makin banyak masyarakat yang mulai memahami akan pentingnya olahraga. Namun, tentunya untuk mendapatkan hasil maksimal, asupan yang dikonsumsi setiap hari harus disesuaikan pula. Berikut adalah beberapa buah yang bisa Anda masukkan dalam menu keseharian Anda untuk mendapatkan hasil program latihan yang maksimal untuk tubuh Anda.

Alpukat
Meski kebanyakan wanita yang sedang berusaha untuk menurunkan berat tubuh akan menghindari buah yang satu ini, tetapi kenyataannya, buah ini justru baik untuk kekuatan otot dan persendian. Lemak tak jenuh dan berfungsi menurunkan kolesterol yang dikandung dalam buah ini bisa membantu tubuh Anda untuk jauh dari rasa sakit dan lebih kuat. Buktinya, para peneliti di University of Buffalo menemukan bahwa para wanita pelari yang mengkonsumsi kurang dari 20 persen lemak lebih berpotensi cidera ketimbang wanita yang mengkonsumsi lemak setidaknya 31 persen. Profesor Peter J. Horvath, Ph.D., yang terlibat dalam penelitian tersebut berspekulasi bahwa masalah yang terkandung dalam hal ini berkutat pada masalah konsumsi lemak. Berkurangnya asupan lemak, makin berkurang pula kekuatan pada otot dan persendian. Beberapa iris alpukat per hari merupakan cara yang baik untuk memberi asupan lemak pada tubuh wanita yang takut akan lemak.

Pisang
Sering merasa otot kram? Bisa jadi karena Anda kekurangan potasium. Potasium memiliki peran penting dalam mengganti keringat yang hilang, dan membantu penyerapan cairan dalam tubuh. Potasium dimiliki oleh pisang dalam jumlah yang sangat tinggi. Pisang juga memiliki karbohidrat berenergi. Satu buah pisang dengan ukuran sedang memiliki kurang lebih 400 mg potasium dan karbohidrat sekitar 29 gr (setara dengan dua tangkup roti gandum).

Jeruk
Buah yang tak mengenal musim ini sangat kaya akan vitamin C. Seperti kita ketahui, vitamin C bisa membantu memberikan energi tambahan, plus mampu memperbaiki jaringan otot yang rusak, dan merupakan kunci untuk membuat kolagen (jaringan dalam tubuh yang membantu memperbaiki kondisi kulit, serta membuat tulang kuat). Satu buah jeruk yang bagus sudah cukup.

Jumat, 20 November 2009

Film Baru

'THE SLAMMIN' SALMON', Beratnya Punya Majikan Mantan Petinju

Lihat Gambar


- Pemain: Jay Chandrasekhar, Kevin Heffernan, Steve Lemme, Paul Soter, Erik Stolhanske, Michael Clarke Duncan, Cobie Smulders, April Bowlby, Olivia Munn

Cleon Salmon (Michael Clarke Duncan) adalah mantan petinju kelas berat yang ditakuti. Bertahun-tahun hidup di atas ring membuat Cleon menjadi pria yang beringas, liar dan tak kenal ampun meskipun sebenarnya Cleon masih punya sisi manusiawi seperti orang-orang lain. Tapi masalahnya saat berada dalam kondisi terdesak, yang muncul justru adalah naluri bertahan yang ia pelajari di atas ring.

Setelah pensiun dari dunia tinju, pria yang berjuluk Slammin' ini lantas membuka sebuah restoran mewah di Miami. Restoran yang ia beri nama The Slammin' Salmon ini pun masih terinspirasi oleh minat Cleon pada dunia tinju. Sayangnya, setelah restoran ini berjalan cukup bagus, Cleon terlibat utang sebesar US$20 ribu pada seorang pemimpin Yakuza. Tak tahu bagaimana harus membayar utang ini, Cleon hanya punya satu cara. Menghasilkan uang sebesar-besarnya dari restoran miliknya.

Rencana pun mulai disusun. Cleon membuat sebuah perlombaan yang wajib diikuti oleh semua pelayan di restoran miliknya. Siapa yang mampu mengumpulkan uang paling banyak dengan menjual sebanyak mungkin pada pelanggan akan mendapatkan hadiah sebesar US$10 ribu. Dan untuk yang kalah maka tidak ada sanksi yang lebih menakutkan dari pada dihajar habis-habisan oleh sang bos sendiri

Panik dan Sedih Warnai Simulasi Gempa di SD Al-Azhar

Panik dan Sedih Warnai Simulasi Gempa di SD Al-Azhar


ilustrasi
Jakarta - Suasana panik dan histeris mewarnai simulasi gempa di SD AL Azhar Jakarta. Puluhan siswi SD yang tadinya senang bermain tiba-tiba ketakutan dan terburu-buru turun lewat tangga darurat sesaat setelah bel pertanda keadaan darurat berbunyi.

Sebelumnya, siswa SD bersembunyi di bawah meja belajar sambil menunggu gempa selesai. Mereka mencoba menyembunyikan rasa panik tetapi sulit dihindari.

"Saya takut karena semuanya terburu-buru turun. Bel darurat juga berisik sekali," kata Kirana (8) salah satu siswi SD AL Azhar di lapangan Al Azhar, Jl Iskandar Muda, Jakarta, Jumat (20/11/2009).

Siswa SD tersebut kemudian digiring ke lapangan sekolah untuk menghindari gempa bumi. Mereka masih menenteng tas dan perbekalan air atau makanan yang dibawa dari rumah. Sementara guru-guru AL Azhar memberikan instruksi supaya tidak terjadi kepanikan saat gempa sungguhan.

"Ayo yang tenang, turun lewat tangga ya, jangan panik," ucap seorang guru memberi arahan kepada anak didiknya.

Menurut pihak sekolah, simulasi gempa kerap dilakukan di SD itu. Selain gempa, kebakaran juga sering disimulasikan untuk meningkatkan kewaspadaan dan ketenangan saat bencana datang.

Kemang Village Bangun Waterpond untuk Kurangi Banjir

Kemang Village Bangun Waterpond untuk Kurangi Banjir
Kawasan Superblok Kemang Village


- Superblok Kemang Village di Jakarta Selatan membangun waterpond yang bisa menampung air luapan sungai, yang bisa dipompa keluar sungai saat kering ataupun diolah menjadi air bersih. Waterpond ini diharapkan dapat mengurangi beban banjir di kawasan ini saat musim hujan tiba.

"Berbekal dengan keberhasilan pengolahan air limbah dan air bersih di township Lippo Village maupun Lippo Cikarang, kami sangat ingin terjadi juga di Kemang Village. Namun sayang sekali setelah dilakukan pengkajian secara mendalam oleh konsultan internasional yang ditunjuk, saat musim kemarau sungai tersebut, tidak ada air yang memadai dari segi volume maupun kualitas, sehingga tidak cukup untuk suplai kebutuhan air sepanjang tahun. Kami lalu melakukan kombinasi dengan suplai dari PDAM yang memang sudah melayani kawasan tersebut," kata Direktur Kemang Village, Jopy Rusli, Jumat (20/11).

Menurut Jopy, dalam membangun township Lippo Village maupun Lippo Cikarang, selain mengutamakan infrastuktur dan fasilitas, pihaknya juga memperhatikan utilitas dan kualitas lingkungan. "Karena itu sistem drainase yang dibangun, tidak menjadi beban sekitarnya. Pohon-pohon yang kami tanam bisa menurunkan suhu udara di sekitarnya.Hal yang sama memungkinkan kami lakukan di Kemang Village. Selain mengendalikan air dan memanfaatkan air secara maksimal, kami menggunakan air tanah hanyalah untuk saat darurat setelah air permukaan tidak mungkin sama sekali. Sebaliknya, melalui pohon, air dimasukkan kembali ke tanah," jelas Jopy.

Jopy Rusli menambahkan, selain membuat terobosan dengan water retention pond, Grup Lippo juga akan membuat konsep berbeda untuk pohon-pohon dan lanskap, sehingga selain teduh, juga tercipta suasana yang menyenangkan. "Bukan hanya di sepanjang jalan, tapi juga sampai di atas podium, akan dipenuhi dengan air dan pohon yang hijau. Jadi motto kami bukan menjadikan hijau saja, tapi hijau dan biru, baik air dan udara yang segar. Untuk ini kami memakai seorang resort landscape designer terkemuka di dunia bernama Bill Bensley, yang dinominasikan sebagai "the King of Exotic Luxury Landscape" oleh Time Magazine baru-baru ini

Jopy menegaskan, "Kami bukan coba-coba, tetapi kami sudah melakukan dan mempertahankan lebih dari 18 tahun di township kami Lippo Village, di mana seluruh limbah diolah dan airnya dipakai kembali, juga air minum dengan mengolah dari air sungai, ribuan pohon besar yang ditanam dan dipelihara, larangan pengambilan air tanah, yang menjadikan Lippo Village sebuah ikon untuk hal lingkungan."

"Secara pribadi, saya sangat senang bisa terlibat didalam proses pembangunan Lippo Village dari tanah mentah, gersang, menjadi sebuah kota yang menampung puluhan ribu orang beraktivitas di dalam sebuah lingkungan yang menyenangkan, hijau dan biru. Suasana ini juga saya rasakan secara pribadi karena saya tinggal lebih dari 10 tahun, dengan semua fasilitas yang berstandar internasional. Tentu dengan Kemang Village, pencapaian itu ingin saya saksikan terwujud di Kemang Village dalam skala yang lebih kecil dan ke atas karena keterbatasan lahan di Jakarta," kata Jopy.

Jika Kemang Village sudah selesai, secara pribadi Jopy bisa bercerita bagaimana memadukan idealisme arsitektur, lingkungan dan komersial, baik di kawasan yang mulanya sepi sampai di tengah kawasan yang sudah padat seperti di dalam kota Jakarta seperti Kemang ini. "Dan yang penting juga sustainability dari yang sudah dikerjakan, bukan bagus di awal dan rusak kemudian. Setidaknya sudah hampir 20 tahun, ini yang membuat Lippo Village sustainable," ungkap Jopy. "Mempertahankan menjadikan sebuah pengalaman yang sangat berharga dan saya juga berharap software yang sama juga bisa membuat kehijauan dan kebiruan Kemang Village bisa sustainable mengikuti Lippo Village dan Lippo Cikarang. Keberhasilan tersebut berkat dukungan dan partisipasi semua pemilik dan penghuni," jelasnya.

Fasilitas Kemang Village

Kemang Village adalah salah satu proyek pengembangan terpadu yang dikembangkan PT Lippo Karawaci Tbk. Superblok ini berada di lahan seluas 14,8 hektar, yang dibagi dalam beberapa tahap pembangunan. Tahap I dimulai dengan membangun tiga menara kondominium, yang sudah diluncurkan sejak pertengahan tahun 2007. Hingga saat ini sudah lima menara yang diluncurkan dengan respon yang sangat bagus dari pasar dan menjadi price leader di kawasan tersebut.

Semuanya tidak lepas dari konsep inovatif, karena dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang berstandar international yaitu sekolah (Sekolah Pelita Harapan International berkapasitas 1.200 siswa), pusat perbelanjaan (Kemang Village Mall), hotel berbintang 5 (The Aryaduta Hotels & Resorts dengan 325 Suites), kapel pernikahan (Kemang Village Wedding Chapel berkapasitas 100 orang), pusat kebugaran (The Heavenly Spa & Wellness Center), country club (Kemang Village Country Club), Corporate Club (The Cloud Nine), rumah sakit (Siloam Hospitals dengan 250 tempat tidur), restoran bernuansa alfresco (Avenue of the Stars).

Jopy menjelaskan, Kemang Village menyerap ribuan tenaga kerja, sejak mulai pembangunan sampai nanti beroperasi. Pengadaan tanah dibiayai dengan dana sendiri, beberapa tahun lalu, pada saat harga tanah belum setinggi saat ini. Pembangunan superblok ini dibiaya baik dengan dana sendiri, pembeli kondominium maupun perbankan dan pihak lainnya termasuk pihak asing.

Ular Raksasa

Ular Raksasa Berusia 140 Tahun Ditemukan Pekerja Proyek, Beratnya 300Kg

Saat penggalian pondasi suatu bangunan untuk proyek, salah seorang pekerj yang menggali tanah dengan menggunakan eskavator terkejut melihat seperti aga kucuran darah mengalir, setelah diteliti lebih lanjut ternyata tanpa dia sadari alat eskavatornya telah mengenai kepala ular jenis python raksasa yang sangat besar dan panjang.



Ular raksasa ini ditemukan di propinsi Liaoning China. Media lokal yang dikutip ruanghati.com menyebutkan setelah ular tersebut terluka maka para dokter hewan dan klinik hewan setempat berusaha keras untuk bisa menolongnya, sampai akhirnya mereka merujuk penyelamatannya ke Beijing namun ular raksasa malang tadi benar-benar tidak tertolong dan akhirnya harus mati.
Menurut media tersebut para ahli hewan setempat memperkirakan ular raksasa tersebut sudah berusia 140 tahun dengan panjang 16,7 meter dan memiliki bobot mati 300 kilogram, wah bila dibayangkan sangat besar sekali memang, mungkin sapi bisa ditelan sama ini ular. Beberapa saat setelah itu, ada ular raksasa lainnya ditemukan tidak jauh dari tempat yang pertama tadi namun ketika para pekerja konstruksi tersebut ingin menyelamatkannya ular tersebut lari ke dalam hutan. (ruanghati)

Isi Selokan Di Tokyo

[KEREN] Isinya selokan di Tokyo !!










Rabu, 18 November 2009

Beda Negara, Beda Resep Kecantikan

Beda Negara, Beda Resep Kecantikan
Rosemary dan minyak zaitun merupakan rahasia kecantikan wanita di Yunani.
Rabu, 18/11/2009 | 15:09 WIB

- Meski berbeda letak geografis, namun para wanita di seluruh dunia memiliki satu kesamaan, yakni ingin tampil cantik senantiasa. Perbedaan letak, kebiasaan, kondisi sekitar, dan kebudayaan, membuat masalah kecantikan yang dialami tiap wanita berbeda-beda. Tiap permasalahan akan dicari solusinya. Simak apa solusi para wanita di negara-negara lain dalam meraih kecantikan mereka.

Perancis
Perancis amat terkenal dengan kecantikan dan keindahannya, tak terkecuali para wanitanya. Salah satu hal tentang kecantikan yang terkenal dari Perancis adalah French Manicure, namun tenyata yang lebih sering dikenakan wanita di Perancis justru pewarna kuku berwarna merah. Sayangnya, pewarna kuku yang dipakai terlalu lama bisa mengakibatkan kuku berwarna kekuningan. Cara mereka mengatasinya adalah dengan merendam kuku dengan campuran perasan lemon dan air hangat.

Singapura
Seperti negara Asia Tenggara lainnya, daerah Singapura memiliki kelembapan cukup tinggi. Kondisi ini umumnya menyebabkan rambut kering dan mencuat. Untuk mengatasi problema ini, para wanita di Singapura mengoleskan minyak kelapa di ujung-ujung rambutnya sebelum tidur. Sementara untuk mendapatkan kulit lebih bercahaya, para wanita menggunakan alpukat atau pepaya yang sudah dihancurkan, lalu ditempelkan pada wajah selama 15 menit, lalu dibilas. Alpukat kaya akan minyak yang baik untuk kulit, sementara pepaya kaya akan papain, enzim yang mengeksfoliasi kulit mati.

Filipina
Para wanita menggunakan lidah buaya untuk membuat rambut bersinar. Caranya dengan mematahkan 1 batang lidah buaya, mengoleskan cairannya langsung ke kulit kepala, lalu membilasnya. Selain lidah buaya, wanita Filipina punya resep alami lain untuk kecantikan. Mereka menggunakan jahe dan buah limau untuk melembutkan kulit kasar. Mereka mencampurkan seperempat cangkir jahe parut dan seperempat cangkir limau yang sudah dipotong-potong. Kemudian, menggosokkan campuran tadi ke daerah kulit yang kering.

Italia
Di Italia, udara bisa sangat kuat dan membuat rambut kering. Wanita Italia menggunakan putih telur untuk mengembalikan kilau dan mencegah kerusakan rambut. Untuk membuatnya, ambil putih telur secukupnya, kocok hingga mengembang, lalu aplikasikan pada rambut yang basah. Biarkan selama 10 menit, lalu keramas seperti biasa dengan air hangat.

Kosta Rika
Untuk mengecilkan pori-pori yang tampak besar pada wajah, campurkan perasan jeruk dan air, lalu gunakan kapas untuk mengaplikasikannya pada wajah. Biarkan beberapa saat, lalu bersihkan.

Rumania
Wanita Rumania menyukai kuku cantik. Mereka mencampurkan minyak zaitun hangat dan beberapa tetes vitamin A lalu mengoleskannya pada kuku, agar lebih kuat dan tak mudah patah karena kekeringan. Mereka melakukan setiap dua minggu sekali agar kuku lebih kuat dan sehat.

Afrika Selatan
Sudah bukan hal yang baru lagi, wanita di Afrika suka menggunakan shea butter untuk melembutkan kulit mereka. Sering pula digunakan sebagai masker rambut atau leave-in conditioner untuk mengatasi kekeringan pada rambut. “Butter” ini didapatkan dari kacang yang berasal dari pohon karite yang tumbuh di daerah sabana Afrika Selatan.

China
Para wanita di China percaya akan khasiat air beras untuk membersihkan kulit wajah mereka. Konon, air beras memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, dan mampu mencegah penuaan dini pada kulit wajah.

Turki
Wanita dengan rambut pirang atau coklat muda menggunakan air rendaman bunga aster sebagai penambah kilau pantulan rambut. Rebus satu cangkir bunga aster dengan dua cangkir air selama 5 menit. Biarkan hingga mendingin, angkat bunga dari rendaman, lalu siramkan ke rambut yang sudah dicuci, dan biarkan mengering.

Yunani
Yunani memiliki kecintaan yang teramat sangat pada tumbuh-tumbuhan untuk makanan, juga kecantikan. Untuk mendapatkan rambut yang bersinar, bervolume, dan membersihkan sisa shampo yang menumpuk, wanita Yunani menggunakan tumbuhan rosemary. Caranya, rebus daun rosemary dengan air. Biarkan mendingin, saring keluar rosemary yang ada di dalam air, lalu gunakan air tadi sebagai bilasan rambut.

Israel
Lumpur dari Laut Mati sudah sejak lama digunakan sebagai masker pembersih untuk wajah dan tubuh. Lumpur ini dipenuhi dengan mineral penuh nutrisi yang baik untuk kulit. Biasanya, para wanita akan menutupi tubuh mereka dengan lumpur hitamnya, kemudian membiarkan tubuhnya mengambang di air yang asin.

AS Akan Sita Empat Masjid Terkait Iran



Ilustrasi (boston.com)
Washington - Para penuntut federal AS telah mengambil langkah-langkah untuk menyita empat masjid AS dan gedung pencakar langit Fifth Avenue. Bangunan-bangunan tersebut dimiliki oleh sebuah organisasi muslim non-profit yang telah lama diduga dikendalikan diam-diam oleh pemerintah Iran.

Para penuntut federal telah mengajukan gugatan sipil di pengadilan federal terhadap organisasi terkait Iran tersebut, Alavi Foundation. Tuntutan tersebut berisi penyitaan aset-aset senilai lebih dari US$ 500 juta.

Aset-aset tersebut mencakup sejumlah rekening bank, pusat-pusat Islam yang terdiri dari sekolah-sekolah dan masjid-masjid di New York City, Maryland, California dan Houston. Juga lebih dari 40 hektar tanah di Virginia dan gedung perkantoran berlantai 36, Fifth Avenue di New York.

Ini akan menjadi salah satu penyitaan kontra-terorisme terbesar sepanjang sejarah AS. Penyitaan properti tersebut akan menjadi pukulan telak bagi Iran. Selama ini pemerintah AS terus menuding pemerintah Iran mendukung terorisme dan mencoba memproduksi bom nuklir.

Menurut para penuntut federal, Alavi Foundation mengelola gedung Fifth Avenue atas nama pemerintah Iran dan bekerja sama dengan perusahaan yang dikenal sebagai Assa Corp, yang secara ilegal menyalurkan jutaan dolar hasil pendapatan rental kantor ke Bank Melli, milik pemerintah Iran.

Bank Melli telah lama dituding AS memberikan dukungan pada program nuklir Iran. Sehingga di AS merupakan tindakan ilegal untuk berurusan dengan bank tersebut.

"Selama dua dekade, urusan-urusan Alavi Foundation telah diatur oleh banyak pejabat Iran, termasuk duta besar Iran untuk PBB, sebagai pelanggaran atas serangkaian hukum Amerika," kata penuntut AS, Preet Bharara seperti dilansir Straits Times, Jumat (13/11/2009).

Aksi penyitaan ini terjadi di tengah memanasnya hubungan AS-Iran atas isu program nuklir Iran. Belakangan hubungan kedua negara kian menegang menyusul penangkapan tiga warga AS di Iran atas tuduhan spionase.

Ada Tiga Jenis Guru, Anda Termasuk yang Mana?



Seorang kawan, yang kebetulan menjadi direktur di sebuah sekolah, membisikkan sesuatu yang penting kepada saya:
“Pak Munif tolong beri motivasi dan semangat para guru ya agar mereka lebih baik lagi dalam bekerja.”

Memang, sekolah sebagai institusi yang di dalamnya merlukan sentuhan manajemen sumber daya manusia—sebagai tingkat manajemen yang tertinggi—sudahlah sewajarnya apabila guru menjadi bagian mahapenting dari institusi tersebut. Bahkan, kualitas pendidikan bangsa ini sesungguhnya lebih banyak ditentukan oleh kualitas para gurunya. Guru adalah ”bos in the class”. Guru adalah orang yang bertatap muka langsung dengan para peserta didik. Artinya, roda komunitas yang bernama sekolah sangat diwarnai oleh kinerja para gurunya.

Pentingnya peranan dan kualitas seorang gurum, sebagaimana telah saya tunjukkan, ternyata berdampingan dengan banyaknya problematika yang dihadapi oleh para guru. Hal yang mendasar pada problem tersebut adalah ”kemauan” untuk maju. Apabila kita percaya tidak ada siswa yang bodoh dengan ”multiple intelligences”-nya masing-masing, maka kita juga harus percaya bahwa ”tidak ada guru yang tidak becus mengajar”. Hanya saja, kenyataan yang terjadi adalah keengganan guru untuk terus belajar dan bekerja dengan baik disebabkan oleh, ada kemungkinan, tidak adanya ”kemauan” untuk belajar dan maju.

Saya sangat setuju dengan pernyataan seorang teman yang memimpin sebuah sekolah yang berkualitas: “Pak Munif tidak semua guru lho mau diberikan pelatihan.” Jika seperti itu, maka sebagus apa pun materi dan kemasan dalam pelatihan itu, biasanya guru tidak akan berhasil mengambil manfaat dari pelatihan itu. Oleh sebab itu, saya merancang sebuah sesi pendaftaran kepada guru-guru saya yang ”mau” ikut pelatihan dengan batasan waktu. Dari situ saja saya sudah tahu, mana guru yang ”tertarik” dan mana yang ”tidak tertarik”.

Dua tahun yang lalu, pemerintah memulai melaksanakan program sertifikasi guru. Program ini sebenarnya diawali dari sebuah hipotesis bahwa guru yang profesional dan berkualitas akan terwujud apabila kesejahteraannya mencukupi. Sebaliknya, jangan harap seorang guru akan profesional jika kesejahteraannya tidak mencukupi untuk kehidupan sehari-hari.

Beberapa bulan yang lalu, ternyata hipotesisi itu terjawab. Dari data statistik yang dianalisis oleh teman-teman asesor menyebutkan bahwa para guru penerima tunjangan profesi yang cukup besar, ternyata belum menunjukkan kemajuan kualitas dalam proses mengajarnya. Mereka tidak berubah. Mereka tetap mengajar biasa-biasa saja. Meskipun mereka sudah menerima tunjangan profesi, sebagaimana yang diharapkan pemerintah untuk menjadi guru yang profesional, dengan berbagai kriteria yang sudah ditentukan dalam proses sertifikasi guru. Jadi, menurut saya perlu ditambahkan hipotesis baru, yaitu ”besarnya penghasilan guru belum tentu menjadi penyebab berkembangnya kualitas guru”.

Nah, dilihat dari faktor ”kemauan” untuk maju, maka ada tiga jenis guru. Pertama, ”guru robot”, yaitu guru yang bekerja persis seperti robot. Mereka hanya masuk, mengajar, lalu pulang. Mereka tidak peduli kepada beban materi yang harus disampaikan kepada siswa. Mereka tidak mempunyai kepedulian terhadap kesulitan siswa dalam menerima materi. Apalagi kepedulian terhadap masalah sesama guru dan sekolah pada umumnya. Mereka mirip robot yang selalu menjalankan peritnah berdasarkan apa saja yang sudah diprogramkan.

Guru jenis ini banyak sekali menggunakan ungkapan seperti ini: “Wah …itu bukan masalahku…itu masalah kamu. Jadi selesaikan sendiri ….” Atau “Maaf aku tidak dapat membantu … sebab hal ini bukan tugas saya…”

Kedua, ”guru materialis”, yaitu guru yang selalu melakukan hitung-hitungan, mirip dengan aktivitas bisnis jual-beli atau yang lainnya. Parahnya, yang dijadikan patokannya adalah ”hak” yang mereka terima. Setelah ”hak”-nya diperoleh, barulah ”kewajiban” mereka akan dilaksanakan bergantung besarnya ”hak” yang mereka terima. Guru ini pada awalnya merasa profesional, namun akhirnya akan terjebak dalam ”kesombongan:” dalam bekerja. Sehingga tidak terlihat manfaatnya dalam menjalankan pekerjaannya.

Ungkapan-ungkapan yang banyak kita dengan dari guru jenis ini antara lain: “Lha wong cuma digaji sekian saja… kok mengharapkan saya total dalam mengajar… jangan harap ya …” Atau, “Percuma mau kreatif, lha wong penghasilan yang diberikan kepada saya hanya cukup untuk biaya transpor kok…” Atau, “Kalau mengharapkan saya bekerja baik, ya turuti dong permintaan gaji saya sebesar...”

Ketiga, ”gurunya manusia”, yaitu guru yang mempunyai keikhlasan dalam hal mengajar dan belajar. Guru yang mempunyai keyakinan bahwa target pekerjaannya adalah membuat para siswanya berhasil memahami materi-materi yang diajarkan. Guru yang ikhlas untuk berintrospeksi apabila ada siswanya yang tidak bisa memahami materi ajar. Guru yang berusaha meluangkan waktu untuk belajar. Sebab mereka sadar bahwa profesi guru adalah makhluk yang tidak boleh berhenti untuk belajar. Guru yang juga punya keinginan kuat dan serius ketika mengikuti pelatihan dan mengembangan.

”Gurunya manusia” jelas juga manusia yang membutuhkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bedanya ”gurunya manusia” dengan guru jenis lain adalah dia menempatkan penghasilan sebagai akibat yang akan didapat dengan menjalankan kewajibannya—yaitu keikhlasannya mengajar dan belajar. Sudah banyak contoh di mana seorang guru tiba-tiba diguyur oleh Allah Swt. dengan rezeki yang datang dari dari pintu yang tidak terduga.

Ada teman guru yang mendapatkan kesempatan belajar di luar negeri sebab mempunyai prestasi dalam membuat ”lesson plan”. Ada teman guru mendapatkan rezeki sebab tekun menulis buku ajar untuk siswa di sekolah tempat dia bekerja. Ada teman guru yang menulis kisah-kisah yang unik yang dialami di kelas pada saat dia belajar. Ada teman guru yang sekarang menjadi ”bintang” dan pemikirannya banyak sekali dibutuhkan untuk banyak guru di Indonesia, dan lain-lain.
Anda termasuk guru jenis yang manakah?

Gara-gara Menunduk pada Kaisar Jepang, Obama Dikritik Habis-habisan



Washington - Foto-foto Presiden AS Barack Obama sewaktu bertemu Kaisar Jepang tengah menjadi pembahasan di Amerika. Sebab saat bersalaman dengan Kaisar Akihito, Obama menunduk hormat.

Tak ayal, sikap Obama itu menuai kritikan di AS. Acara-acara talk show politik telah berulang kali menayangkan momen tersebut. Menurut para pengkritik, Obama seharusnya berdiri tegak saat mewakili Amerika di luar negeri.

"Saya tidak tahu kenapa Presiden Obama berpikir itu pantas. Mungkin dia pikir itu akan bagus di Jepang. Tapi tidak pantas bagi seorang presiden Amerika untuk menunduk di depan orang asing," cetus kritikus William Kristol di acara Fox News Sunday seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (17/11/2009).

Bahkan menurutnya, sikap Obama itu menunjukkan AS telah menjadi lemah dan terlalu segan di bawah pemerintahan Obama.

"Itu buruk. Saya tak ingin melihatnya," kata kritikus Bill Bennett di program "State of the Union" di stasiun televisi CNN.

Para kritikus konservatif bahkan membandingkan foto Obama yang menunduk tersebut dengan mantan Wakil Presiden AS Dick Cheney pada tahun 2007 di Jepang. Saat itu Cheney menyalami Kaisar Jepang dengan jabatan tangan erat namun tidak menunduk.

Selasa, 17 November 2009

Bakteri pun Bisa Sebabkan Stroke

Bakteri pun Bisa Sebabkan Stroke
Ilustrasi

Selasa, 17 November 2009 | 17:35 WIB

- Meski tekanan darah tinggi dan merokok merupakan faktor risiko terjadinya stroke, namun tak sedikit kasus stroke yang tak bisa ditemukan penyebabnya. Para ahli kini mengarahkan kecurigaannya pada infeksi bakteri berbahaya atau patogen.

Studi teranyar menemukan kaitan antara lima jenis patogen dengan meningkatnya risiko penyakit yang menempati urutan ketiga penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di dunia setelah penyakit jantung koroner dan semua jenis kanker ini.

Infeksi patogen tersebut antara lain Chlamydia pneumoniae, Helicobacter pylori, cytomegalovirus, dan virus herpes simplex 1 dan 2.

"Masing-masing bakteri ini mungkin bersembunyi setelah infeksi akut dan terus bertahan di tubuh dalam kadar infeksi kronik skala rendah," kata ketua peneliti Dr.Mitchell S.V. Elkind, profesor neurology dari Columbia University Medical Center.

Ia menambahkan, infeksi dalam kadar rendah serta inflamasi pada dinding pembuluh darah bisa menimbulkan terjadinya stroke. Dalam risetnya, Elkind dan timnya mengamati 1.625 penduduk yang tinggal di Manhattan. Rata-rata responden itu berusia 68 tahun dan bebas stroke pada awal studi. Delapan tahun kemudian, 67 responden dilaporkan mengalami serangan stroke.

Dr. Elkind mengingatkan bahwa studi ini memang tidak membuktikan hubungan sebab akibat antara infeksi dan stroke, hanya hubungan tidak langsung.

Hujan Meteor di Indonesia

Salah satu hujan meteor tahunan yang terbaik akan mencapai puncaknya pada sepertiga malam Rabu (18/11). Tempat pengamatan terbaik ada di Asia, tapi pengamat di Amerika Utara juga dapat menikmati pemandangan menakjubkan hujan meteor Leonid, jika cuaca memungkinkan.

Hujan Leonid merupakan acara tahunan, jika langit terlihat jelas dan cahaya bulan tidak mengganggu. Tahun ini, bulan sudah dekat fase baru, dan bukan faktor yang mengganggu. Bagi siapa pun di belahan bumi utara dengan langit gelap, jauh dari perkotaan dan pinggiran pencahayaan, acara ini jangan sampai dilewatkan dengan begadang sepanjang malam.

"Kami memperkirakan 20-30 meteor per jam di Amerika, dan sebanyak 200-300 meteor per jam di penjuru Asia," ujar Bill Cooke dari kantor Meteoroid environment NASA. Astronom lain yang bekerja di bidang yang baru lahir ini memprediksi hujan meteor telah diperkirakan.

Penduduk perkotaan dan pinggiran kota mungkin tak akan bisa melihat dengan jelas karena cahaya meteor tersamar atau tenggelam oleh lampu lokal.
Disebut hujan meteor Leonid karena meteor-meteor yang melesat muncul dari pusat radian di atas rasi bintang Leo. Bulan November ini, rasi bintang ini bisa dilihat di arah Timur Laut pada malam hari. Meteor Leonid diciptakan oleh Komet Tempel-Tuttle, yang melewati bagian dalam tata surya setiap 33 tahun pada orbitnya yang mengelilingi matahari. Setiap kali lewat, ia meninggalkan sungai baru dari puing-puing meteor, sebagian besar potongan-potongan batu es dan tidak lebih besar dari butiran pasir, tetapi beberapa seukuran kacang polong.

"Kita bisa memprediksi kapan bumi akan menyeberangi sungai yang penuh dengan puing dengan akurasi yang cukup bagus," kata Cooke. "Kita tidak tahu berapa banyak puing-puing yang ada di setiap sungai."

Ketika planet bumi melewati puing-puing meteor dan menghantam atmosfer maka akan menguap. Kadang-kadang secara dramatis menciptakan lintasan cahaya bahkan bola api dengan jejak yang tampak berasap yang dapat tetap terlihat selama beberapa menit.

Leonid bergerak dalam arah yang berlawanan dari Bumi, menghasilkan dampak kecepatan 72 kilometer per detik -lebih tinggi daripada meteor lain. "Kecepatan seperti itu cenderung menghasilkan meteor dengan warna putih, biru, biru laut dan bahkan hijau," kata Joe Rao, kolomnis SPACE.com.

Pada saat itu, Bumi akan melewati pecahan-pecahan ekor Komet Tempel-Tuttle sehingga dapat kita dapat melihat kira-kira sebanyak 300 meteor Leonids per jam.


berikut beberapa tips sederhana buat ngeliat hujan meteor :

Yang terbaik ada pergi daerah pedesaan. Keluar kota jika Anda bisa. Jika Anda memiliki lampu yang bisa ditenteng, maka pergilah ke bukit atau tempat yang tak terhalang bangunan dan pohon tinggi.

Baju hangat dan selimut atau kursi malas menjadi pilihan tepat karena anda akan semalaman bergadang di alam terbuka. Leonids dapat muncul di mana saja, dengan possi berbaring akan memudahkan mata menyapu langit di atas dengan luas, sehingga setiap gerakan cahaya di langit bisa tertangkap mata.

Biarkan mata anda selama 15 menit untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan. Leonids biasanya datang dalam ledakan. Tidak ada peralatan khusus yang diperlukan. Teleskop dan teropong tidak berguna karena meteor bergerak terlalu cepat.

Planet Bumi akan melewati sungai yang lebih padat kemudian, tepat sebelum fajar hari Rabu di Indonesia dan Cina. Tapi meteor tidak akan terlihat dari Amerika Utara karena terjadi pada siang hari.

Jangan lupa kamera, baik untuk pemotretan atau video. Sangat dianjurkan untuk menggunakan tripod. Selain bisa meredam getaran dan goyang, tangan juga tidak pegal mengarahkan kamera terus menerus ke atas.

Sebelum mengarahkan kamera ke langit cek terlebih dulu kepekaan cahaya atau sering disebut ISO atau ASA. Bisa menggunakan asa rendah untuk mendapatkan efek gerak atau asa tinggi untuk bisa membekukan obyek dan mendapat hasil yang maksimal, asa rendah antara 100-500 dan asa tinggi pada 800-3.200 (tergantung kemampuan kamera dan kondisi yang terjadi). Untuk kamera digital jangan ragu untuk mengubah-ubah asa untuk mendapatkan hasil terbaik.

Untuk kamera video, jangan lupa mengatur white balance, agar mendapatkan warna sesuai atau mendekati kenyataan. Caranya dengan menaruh kertas putih di depan kamera dan direkam beberapa menit. Untuk kamera foto digital, bisa dilakukan white balance dengan beberapa kali menjepret ke kertas putih beberapa kali.

Jangan lupa berdoa semoga tidak mendung dan langit cerah. Selamat mencoba..met begadang.

Kata yang Baik Laksana Pohon yang Baik

“….perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik. Akarnya kokoh (menghunjam tanah), dan ranting-rantingnya menjulang ke langit….” (QS Ibrahim ayat 24)

Membaca ayat Al-Quran tersebut, niscaya kita menyadari bahwa apa yang kita lihat terjadi di negeri tercinta belakangan ini sungguh berlawanan. Betapa leceh nilai kata-kata dalam kehebohan yang kita saksikan melalui media massa terutama televisi itu—kata-kata dalam pembicaraan telepon yang disadap, kata-kata dalam BAP yang secara resmi sudah ditandatangani kemudian diingkari, kata-kata dalam kesaksian di bawah sumpah yang sulit diyakini.


Sebuah jalan di Pakistan mengabadikan nama Annemarie Schimmel (7 April 1922-26 Januari 2003).

Dalam kehebohan yang sungguh memprihatinkan inilah dengan sedih saya mengenang mendiang Annemarie Schimmel, seorang profesor kelahiran Jerman yang juga dikenal sebagai pakar budaya Indo-Muslim, penulis sekitar 50 buku tentang Islam dan Sufisme, dan juga seorang penyair. Prof. Schimmel mungkin hanyalah satu dari sedikit orang yang sangat percaya pada kekuatan kata, pada peran penting kata-kata dalam kehidupan manusia. Demikian kuat keyakinan itu, hingga dia pernah mengatakan, bahkan hanya kata saja akan mampu menyatukan dunia. Tentu, sebagaimana Budha pernah bersabda bahwa “Better than a thousand hollow words, is one word that brings peace—di hadapan seribu kata-kata dangkal, lebih baik tentu satu kata yang membawa perdamaian, ” maka kata yang berguna hanyalah kata yang bermakna mulia. Kata yang baik.

Sebuah Jembatan yang Terbangun dari Kata-Kata
”Kata yang baik laksana pohon yang baik...”, demikian Annemarie Schimmel mengutip ayat Al Quran di atas. ”Kata diyakini sebagai suatu kekuatan kreatif oleh sebagian besar agama di dunia; katalah yang mengantarkan wahyu; kata diamanahkan kepada umat manusia sebagai titipan yang harus dijaga, jangan sampai ada yang teraniaya, terfitnah, atau terbunuh oleh kata-kata.”

Pada musim semi 1996, perempuan berperawakan mungil itu menjadi satu-satunya pusat perhatian dalam pertemuan yang dihadiri para penulis, penerbit, dan pejabat tinggi Jerman, termasuk Presiden Roman Herzog. Dan dia bicara tentang kata.

”Kata memiliki kekuatan yang tak dapat kita ukur. Dan pada kekuatan kata inilah terletak tanggung jawab para penyair, lebih-lebih lagi para penerjemah, karena satu kesalahan samar saja dapat memicu kesalahpahaman yang berbahaya.”

Nyata benar pesan yang disampaikan Schimmel saat menerima penghargaan tahunan Peace Prize dari German Books Trade itu bukan sekadar sambutan seremonial. Persis setelah namanya diumumkan sebagai pemenang Peace Price setahun sebelumnya, sekitar dua ratus intelektual Jerman dan Eropa memprotes penganugerahan tersebut. Lewat kata-kata, mereka menuding Schimmel mendukung apa yang mereka namakan sebagai ”fundamentalisme Islam—sebuah kampanye yang disebut Schimmel telah ”menghancurkan apa yang saya bangun hampir seumur hidup saya, melukai hati dan pikiran saya....” Kendati demikian, Schimmel tetap berbesar hati bahkan memanjatkan doa, ”Semoga mereka yang menyerang saya bahkan tanpa mengenal saya secara pribadi atau membaca karya-karya saya, tidak akan mengalami luka seperti yang saya rasakan.”

Ketulusan Schimmel itu tentu tak lepas dari masa panjang kehidupan yang dilaluinya dengan merawat dan mencintai ”kata-kata yang baik”. Wanita kelahiran Erfurt, Jerman, ini belum lama beranjak dari usia 10 tahun ketika dia terpikat pada puisi-puisi berbahasa Arab. Lewat jalan kata-kata pula dia mengenal sejarah dan kebudayaan Islam, menekuni kajian Islam dan menghasilkan karya-karya monumental seperti Gabriel’s Wing: A Study into the Religious Ideas of Sir Muhammad Iqbal; Mystical Dimensions of Islam; And Muhammad is His Messenger; A Two Colored Brocade: The Imagery of Persian Poetry; Calligraphy and Islamic Culture.

Demikian besar keyakinan Schimmel pada kata-kata, seyakin dia pada moto penyair Jerman Friedrich Ruckert, bahwa “Puisi semata mampu menuntun manusia menuju rekonsiliasi dunia.” Puisi, menurut Ruckert, adalah “lidah utama umat manusia”; puisi menghubungkan manusia karena ia menjadi bagian dari setiap peradaban di dunia.

Schimmel menggambarkan kekuatan kata dalam membangun hubungan antarmanusia ini dengan menyitir sebuah cerita dalam tulisan Mawlana Jalaluddin Rumi. Dalam prosa berbahasa Persia itu, Rumi—sufi dan penyair abad ke-13 yang mendapat perhatian besar Schimmel selain penyair Pakistan Muhammad Iqbal—mengisahkan seorang anak laki-laki yang sering mengeluh kepada ibunya tentang sosok hitam yang menakutkannya. Akhirnya sang ibu menasihati agar anaknya menyapa saja sosok hitam tersebut karena sifat sosok itu bisa diketahui dari jawabannya terhadap sapaan kita. Sebab kata-kata, sebagaimana sering dinyatakan para penyair Persia, menyingkapkan sifat pembicaranya layaknya bebauan—persis dengan kenyataan bahwa kita tak mungkin tertipu oleh kue yang bertabur bawang putih, bukannya almond, kendati penampilannya sungguh mengundang selera.

Pesona kata jua yang telah membawa Annemarie Schimmel melanglang berbagai kawasan masyarakat Muslim; masyarakat yang disebutnya lebih terpesona pada kata dan bahasa, berbeda dengan rekannya di Barat yang lebih terpikat pada musik. Di usianya yang masih belia ketika itu, sebagai profesor Sejarah Agama di Universitas Ankara, Schimmel seolah mengenali kembali sudut-sudut Istanbul masa lalu melalui baris-baris tentang kota indah itu, yang didendangkan para penyair Turki selama hampir lima abad. Schimmel pun mampu mencintai budaya Pakistan melalui syair-syair yang dinyanyikan di seluruh provinsi di negara itu. Schimmel juga sempat mencatat pengalaman seorang mahasiswanya, satu di antara warga Amerika yang disandera di Teheran saat terjadi Revolusi Iran. Sang mahasiswa menyadari perubahan sikap penyanderanya, ketika dia melafalkan sebuah syair Persia. Kata-kata dalam syair itu telah menjadi sebuah jembatan, menghapuskan perbedaan ideologis yang demikian dalam. Persis seperti yang dikatakan Herder, “Dari puisi kita mendapatkan pemahaman tentang sebuah zaman atau suatu bangsa secara mendalam, lebih ketimbang yang kita dapatkan dari sejarah politik dan militer.”

Sang Pembangun Jembatan itu kini telah tiada. Annemarie Schimmel, meninggal dunia 26 Januari 2003 di Bonn, Jerman, pada usia 80 tahun. Hanya semangat dan kecintaannya terhadap “kata-kata yang baik” yang dapat kita lestarikan, dan sebenarnyalah kita perlukan, di era kini ketika kata-kata lebih sering dipermain-mainkan ketimbang meyakinkan; lebih sering memisahkan ketimbang menyatukan; lebih sering memutuskan ketimbang menghubungkan. Betapa terasa kini semangat dan kecintaan Schimmel itu demikian berharga. Dan betapa mengharukan karenanya, kerendahan hati pencinta kata itu, yang tecermin dalam puisinya:

sang pencinta,
menenun satin dan brokat
dari air mata, O Kawan, agar dapat menghamparkannya
suatu hari, di bawah telapak kakimu...
dan aku menenun
sutra kata-kata yang selalu baru
hanya untuk menyembunyikanmu

Senin, 16 November 2009

The World's Ugliest Buildings

Different people have different criteria for what makes a structure unappealing. “The ugliest buildings are the anonymous ones,” says Christopher Bonanos, who edits architecture criticism at New York magazine. “Even if an experimental, high-profile building doesn’t quite deliver, at least the architect is trying something. A boring building is a warehouse in the middle of New Jersey.”


For Jason Fifield, an associate at Ankrom Moisan Architects in Portland, what makes a building ugly “is when the design isn’t generated by real reasons but rather by arbitrariness, just for the sake of creating an image.”

To compile our list of the world’s ugliest structures, we consulted with architects and design experts as well as the general public. Pretty much everybody had something to say. For instance, there aren’t many admirers of the spherical houses on long pole “stems” planted, like so many mushrooms, in the Netherlands. (The architect was given free rein courtesy of a Dutch subsidy for experimental housing.) Then there’s the midwestern corporate headquarters that takes the form of a huge picnic basket. Sure, it’s funny from the outside, but probably not for the employees of Longaberger, in Newark, OH, who have to go work in a hamper every day.



Harold Washington Library

Chicago


If buildings came with footnotes, this one, named for a beloved former mayor who deserved better, would have pages worth of citations. Neoclassical references collide with a glass-and-steel Mannerist roof; throw in some red brick, granite, and aluminum—and a bad sense of scale—and you’ve got way too much architecture class for one day.


The Ugly Truth: Opened in 1991 and designed by the firm Hammond, Beeby, and Babka, the Chicago public library has a helter-skelter application of motifs and styles that’s “locked in the postmodern era,” says Peter Koliopoulos of Circle West Architects in Scottsdale, Ariz.


Longaberger Home Office

Newark, Ohio


If you worked here, you’d be conducting business in a 9,000-ton copy of a woven-wood basket. Its stucco-over-steel construction was an award-winning feat, apparently; the synthetic plaster received a prize. But it’s as if, in 1997, a giant-size Little Red Riding Hood set down her seven-story hamper on a flat section of Ohio.


The Ugly Truth: True, the company purveys handcrafted baskets. And founder Dave Longaberger’s dream headquarters was a replica of his favorite basket. But hey, Crate & Barrel employees don’t schedule meetings in a 10-story sofa.


The Ideal Palace

Hauterives, France


Cinderella’s dream digs it’s not, but Le Palais Idéal does bring to mind a fairy tale — the kind one might have visions of after dropping acid. Gargoyles peer out at grottoes with Hindu temples, and tiny mosque-motifs adorn squiggly stone pillars.


The Ugly Truth: In the mid-1800s, Ferdinand Cheval tripped over a stone while delivering mail and was seized with inspiration—his life’s work would be to build a stone château. Over the next three decades, he marked stones while covering his route, returning in the evening with a wheelbarrow to collect them.


The Portland Building

Portland, Ore.


Let’s break out the government-building checklist. Small, boring windows? Check. Humdrum off-white masonry? Yes. Terracotta pilasters and shiny blue glass? That, too. The first three levels of the squat, 15-story municipal-services structure are covered in dark green tiles, adding to the bewildering gaudy-meets-tedious tone.


The Ugly Truth: Michael Graves won a competition to design the building in 1982. Postmodernism was all the rage in the ’80s, which explains the randomly-stuck-on historical motifs. “Many buildings from that decade look fake,” says architect Stephen R. Connors, who has his own firm in Warwick, NY.


Bolwoningen Houses

Hertogenbosch, Netherlands


If Lewis Carroll’s Alice wandered into a 1960s sci-fi flick, she might have come across something like these bulbous houses. The residents live inside bizarre-looking bubbles (small ones, at 18 feet across) with UFO-like windows.


The Ugly Truth: In the late 1970s, the Dutch government offered subsidies for experimental housing, and the architect—one Dries Kreijkamp—certainly complied with the directive. The 50 bolwoningen (bol = sphere, woningen = houses) sprouted up in a city that seems to infect artists with a fantastical streak; it’s the hometown of Hieronymus Bosch, the 15th-century painter known for his half-dream, half-nightmare-like renderings.


The Experience Music Project

Seattle


Sure, a building dedicated to rock music shouldn’t be too conservative. The problem? In not looking like anything in particular, it appears anchored in nothing. Of course, people have tried to describe it, and have come up with everything from “a multicolored blob” to “open-heart surgery.”


The Ugly Truth: Architect Frank Gehry has said the inspirations for his 140,000-square-foot structure, which opened in 2000, include a smashed guitar and guitars in general, evident in the colors (glimmering purple, powder blue) and metal materials (aluminum, steel). The museum, founded by Microsoft billionaire Paul Allen, is also an example of Gehry’s signature style, made most famous by the Guggenheim in Bilbao, Spain. But according to architect Jason Fifield of Ankrom Moisan Architects in Portland, OR, “his work at Bilbao makes much more sense because there’s a connection between the sculptural forms and the surrounding landscape.”


National Library

Minsk, Belarus


You can’t really hate this glass-paneled, 23-story rhombicuboctahedron (a solid with 8 triangles and 18 squares), complete with color-changing LEDs to make it sparkle at night. After all, it’s difficult to begrudge a library with such mojo. But the designers should have stopped there. Instead, what’s referred to as “the diamond” sits atop a geometry equation gone wrong—tiered circles, huge triangles, winglike flaps.


The Ugly Truth: The winners of a government-sponsored search, architects Michael Vinogradov and Viktor Kramarenko, were expected to make a statement. The government wanted tourist-attracting drama, a desire that seems to have been fulfilled; the 2006 opening attracted a flurry of attention.


Metropolitan Cathedral

Liverpool, England


Cathedrals like this one, officially named Metropolitan Cathedral of Christ the King, should conjure up thoughts of heavenly repose. But here, congregants look up and imagine getting impaled on those unfriendly spires — that, or they plan their next camping trip, inspired by buttresses that recall a fancy beige tent.


The Ugly Truth: Well, it was the ’60s. Plus, architect Frederick Gibberd was charged with getting the cathedral up on a tight schedule and budget. Result: not long after the 1967 opening, mosaic tiles started popping off, and the roof began leaking.




Bugatti Senilai Rp 11 Miliar Terjun ke Laguna gara-gara Pelikan

Bugatti Senilai Rp 11 Miliar Terjun ke Laguna gara-gara Pelikan


Senin, 16 November 2009 | 17:34 WIB

Sebuah Bugatti Veyron, mobil termahal di dunia, terjun bebas ke sebuah laguna gara-gara pemiliknya terkejut melihat burung pelikan yang terbang rendah saat mengendarai mobil tersebut.

Menurut Daily Mail edisi Senin (16/11), Andy House, pemilik mobil itu, mendapat banyak simpati. Gubernur Negara Bagian California Arnold Schwarzenegger termasuk salah seorang yang meneleponnya untuk memberikan simpati atas kehilangan yang mahal itu.

Miliader kolektor mobil itu mengalami kecelakaan di Galveston, Texas, Amerika Serikat. Mobil mewahnya terjun ke sebuah laguna berair garam. Kepada polisi, House mengaku telah meletakkan telepon ketika melaju di sepanjang jalan di pinggir laguna itu. Ketika dia menengadah setelah mengambil telepon, dia terkejut oleh seekor burung pelikan yang terbang rendah. Akibatnya, mobil itu keluar dari badan jalan lalu tercebur ke laguna.

House bisa menyelamatkan diri tanpa luka, tetapi dia tidak bisa melakukan apa-apa untuk menghentikan mobilnya agar tidak tenggelam ke dalam air. Untuk diketahui, di seluruh AS, mobil ini hanya ada 15 unit.

Video tentang kejadian itu dimasukkan ke YouTube oleh dua orang penyuka mobil yang kebetulan merekam mobil itu dengan telepon genggam mereka.

House mengatakan, sejak kecelakaan itu, teleponnya tidak berhenti berdering. Orang-orang ingin menyampaikan simpati terhadapnya.

Dia membeli mobil itu seharga 750.000 poundsterling atau setara Rp 11 miliar pada bulan lalu dari sebuah dealer di Arkansas. Catatan pada tripmeter baru mencapai 800 km.

Gilbert Harrison dari MCH Truck and Auto, yang dipanggil untuk menderek mobil tersebut, mengatakan bahwa House tampak tenang. "Jika hal itu menimpa saya, saya akan bersumpah serapah. Namun, dia tenang saja. Saya membayangkan, dalam hatinya dia mungkin kecewa."

Selain sebagai mobil termahal di jalanan, Bugatti juga merupakan mobil tercepat, mencapai lebih dari 400 km per jam.

Juri American Idol, Simon Cowell, merupakan satu dari 300 pemilik kendaraan super tersebut.




























































Apa Yang Terjadi di Dalam Kepompong?

Zukilover melaporkan kejadian yang mangstab dari TeKaPe. Sebuah fenomena alam, metamorfosis sempurna. Bukti kebesaranTuhan Penguasa Planet Bumi yang Maha Keren.

Pasti Anda sudah sering mendengar peristiwa ulat menjadi kupu-kupu. Namun pernahkah Anda melihat, atau setidaknya membayangkan apa yang berlangsung di dalam kepompong. Sebuah proses metamorfosis yang sering luput dari perhatian kita, dan berikut saya persilakan Anda semua untuk meng-cekidot kumpulan bukti dari TEKAPE ini:


dilihat dari bawah ke atas :

















Peneliti Muda Indonesia Juara Lomba Sains Internasional di Polandia


Siswa Indonesia menjadi jawara dalam lomba penelitian sains International Conference of Young Scientists 2009 di kota Pszczyna, Polandia. Menyingkirkan tim Jerman dan Amerika Serikat. Diharapkan, hasil penelitiannya bermanfaat bagi bangsa.

Suasana riuh terasa di ruang tunggu terminal kedatangan luar negeri Bandar Udara Soekarno-Hatta, Cengkareng, akhir April lalu. Ketika itu, puluhan orang bersemangat menyanyikan lagu Indonesia Pusaka karya Ismail Marzuki. Mereka menyanyi lagu wajib nasional ini untuk menyambut kedatangan tim Indonesia yang baru saja mengikuti kompetisi penelitian sains tingkat dunia: International Conference of Young Scientists (ICYS) 2009 di kota Pszczyna, Polandia.

Tak berlebihan jika kedatangan tim Indonesia mendapat sambutan bak pahlawan. Pasalnya, tim yang beranggotakan 10 siswa sekolah menengah atas (SMA) dan dua siswa sekolah menegah pertama (SMP) itu mengharumkan nama bangsa di ajang internasional. Dalam kontes adu pintar yang digelar selama dua hari, 25-26 April lalu, itu tim Indonesia sukses menjadi jawara, dengan perolehan medali terbanyak. Yakni enam medali emas, satu medali perak, dan tiga medali perunggu.

Sementara itu, tim Jerman bertengger di urutan kedua, meraih tiga medali emas, satu medali perak, dan dua medali perunggu. Disusul oleh tim Amerika Serikat di urutan ketiga, yang hanya mengoleksi tiga medali emas. ''Ini pertama kalinya tim Indonesia meraih penghargaan tertinggi di ajang ICYS,'' kata Monika Raharti, penanggung jawab harian yang juga pembimbing tim Indonesia, kepada Gandhi Achmad dari Gatra.

Merebut medali, apalagi medali emas, di ajang kompetisi sains bertaraf internasional seperti ICYS dipastikan tidak mudah. Soalnya, kompetisi ini diikuti ratusan siswa berotak encer dari berbagai negara. Tentu saja mereka adalah siswa pilihan dari negara masing-masing. Jika ingin menang, siswa harus mengumpulkan poin setinggi-tingginya dari para juri. ''Keberhasilan siswa Indonesia mengumpulkan poin tertinggi berkat kerja keras dan ketekunan mereka,'' ujar Monika sembari tersenyum bangga.

ICYS adalah lomba yang menguji siswa tingkat sekolah menengah dalam mempresentasikan hasil penelitian di bidang fisika, matematika, ekologi, dan sains komputer. Lomba yang digelar setiap tahun ini berlangsung sejak 1994 atas prakarsa Eotvos Lorand University, Budapest, Hongaria, dan Belarusian State University, Belarus. Para penggagas lomba adu otak ini berkeinginan, ICYS menjadi wadah bagi para siswa untuk menunjukkan hasil riset mereka yang akan dikembangkan dalam berbagai penelitian. Indonesia mulai mengirim tim sejak ICYS 2005 di kota Katowice, Polandia.

Pada ICYS 2009, tim Indonesia mengikutsertakan 12 siswa yang mempresentasikan 10 hasil penelitian (lihat: Siswa Peraih Medali di ICYS 2009). Mereka harus bertarung ketat mengalahkan 200 siswa dari 15 negara. Satu di antaranya adalah Nugra Akbari. Siswa kelas X SMA Global Mandiri, Jakarta, ini berhasil meraih medali emas untuk kategori penelitian sains komputer.


Dalam penelitiannya bertajuk ''M-Batik: The Computation of Indonesia's Dying Traditional Batik Design'', bocah pengagum Alfred Nobel itu menciptakan program komputer yang memudahkan siapa pun mendesain motif batik. Caranya sederhana, yakni menggunakan pola fraktal yang memang mirip dengan motif batik. ''Idenya, ingin ngenalin batik yang merupakan khas Indonesia ke luar negeri,'' kata Nugra menerangkan penelitiannya kepada Lufti Avianto dari Gatra.

Putra tunggal pasangan Eddriamon Nazar dan Eliza Gustinelly itu mengaku, sebelum mulai presentasi di depan para juri, ia sempat diserang perasaan grogi. ''Keringat dingin iya juga, tapi saya berusaha tenang dan saat presentasi semuanya lancar,'' ujar penggemar batik sejak duduk di bangku kelas V sekolah dasar itu. Hasilnya, sejumlah pertanyaan yang dilontarkan para juri dapat dijawabnya dengan sempurna. ''Saya gembira, akhirnya merebut medali emas,'' kata Nugra.

Kegembiraan memboyong medali emas ke Tanah Air dirasakan pula oleh Gabriela Alicia Kosasih dan Idelia Chandra, dua siswi SMA St. Laurensia, Tangerang, Banten. Alicia meraih medali emas untuk kategori penelitian ekologi, dengan judul "Saccharomyces Sp.: An Agent for Remedy of Oil Pollution". Yakni meneliti bagaimana ragi instan digunakan sebagai bahan pengurai sisa oli bekas. ''Pastinya, saya bangga dan senang atas apa yang telah tercapai,'' tutur Alicia. Menangapi prestasi Alicia, orangtuanya ikut bangga. ''Akhirnya jerih payah anak saya berhasil,'' kata sang ayah, Siniaga Kosasih.

Sedangkan rekannya, Idelia, meraih medali emas untuk kategori penelitian fisika dengan judul "Balinese Gamelan: A Brainwave Synchronizer". Menurut Idelia, ia meneliti gamelan Bali karena terinspirasi dari bunyi unik yang dikeluarkan alat musik tradisional asal Pulau Dewata itu. ''Saya meneliti frekuensi suara sepasang gamelan Bali yang frekuensinya menghasilkan perpaduan gelombang yang harmonis,'' ujar Idelia menjelaskan resume penelitiannya.


Kehebatan siswa Indonesia masih berlanjut. Dari rombongan tim Indonesia yang mengikuti ICYS 2009, ada dua anggota tim yang menjadi peserta termuda. Mereka adalah Vincentius Gunawan dan Fernanda Noveli, siswa kelas VIII SMP Petra 3. Dua peneliti belia ini meraih medali emas, dengan mempresentasikan hasil penelitian di bidang ekologi bertajuk "Biological Control Using Trichogramma Japonicum as Egg Parasite".


Trichogramma adalah sejenis serangga kecil yang bermanfaat mencegah padi terserang hama. ''Kami meneliti cara mengembangbiakan Trichogramma dalam jumlah banyak, sehingga hama akan hilang tanpa pestisida,'' kata Vincen. Mereka berharap, hasil penelitian itu dapat bermanfaat. ''Kami akan bangga jika hasil karya kami bisa bermanfaat bagi bangsa ini,'' Fernanda menambahkan.

Direktur Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Manajemen Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, Sungkowo Mujiamano, bangga atas prestasi para siswa Indonesia di Polandia itu. ''Bisa dibayangkan, dalam satu kompetisi, kita bisa meraih enam medali emas, mengalahkan tim Jerman dan Amerika Serikat,'' katanya. Demikian pula Ketua Surya Institute, Prof. Yohanes Surya. ''Ini bukti, siswa Indonesia bisa berprestasi di lomba sains internasional,'' ujar penggagas pengirimanan tim Indonesia pada kompetisi ICYS itu.

Pengharum Ruangan Sebabkan Gangguan Paru-paru


Dalam beberapa tahun terakhir kandungan kimia dalam penyegar dan pengharum ruangan dicurigai menjadi penyebab sesak nafas dan masalah paru-paru lainnya.

Penelitian yang dilakukan National Institutes of Health, Amerika Serikat menemukan bahwa pada orang-orang yang berada pada ruangan berpengharum, dalam darahnya terkandung 1,4-dichlorobenzene, kimia organik yang menurunkan fungsi paru-paru.

Substansi kimia ini amat umum dijumpai dalam kapur barus, asap rokok, dan pengharum kamar mandi.

Sementara itu penelitian lain yang dipublikasikan Environmental Health Perspectives menelaah kesehatan 953 orang berusia rata-rata 37 tahun selama enam tahun berturut-turut.

Setelah mengeliminasi faktor lain seperti asap rokok, penelitian itu menemukan 10% dari responden mempunyai kadar 1,4 DCB dalam darahnya, semakin parah setelah berada di ruangan berpengharum udara. Fungsi paru-parunya turun empat 4%.

Angka empat persen tidak cukup kuat untuk mengenyahkan pengharum ruangan dengan segera, namun seperti disampaikan periset, apabila fungsi pernafasan menurun adalah indikasi dari kerusakan paru-paru. Solusinya, kurangi penggunaan produk sejenis dan lebih banyak membersihkan ruangan serta dialiri udara segar.

Kimia Farma

Kimia Farma


Sejarah

Kimia Farma merupakan pioner dalam industri farmasi Indonesia. Cikal bakal perusahaan dapat dirunut balik ke tahun 1917, ketika NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co., perusahaan farmasi pertama di Hindia Timur, didirikan. Sejalan dengan kebijakan nasionalisasi eks perusahaan-perusahaan Belanda, pada tahun 1958 pemerintah melebur sejumlah perusahaan farmasi menjadi PNF Bhinneka Kimia Farma. Selanjutnya pada tanggal 16 Agustus 1971 bentuk hukumnya diubah menjadi Perseroan Terbatas, menjadi PT Kimia Farma (Persero). Sejak tanggal 4 Juli 2001 Kimia Farma tercatat sebagai perusahaan publik di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya.

Berbekal tradisi industri yang panjang selama lebih dari 187 tahun dan nama yang identik dengan mutu, hari ini Kimia Farma telah berkembang menjadi sebuah perusahaan pelayanan kesehatan utama di Indonesia yang kian memainkan peranan penting dalam pengembangan dan pembangunan bangsa dan masyarakat.



Pabrik

Dengan dukungan kuat Riset & Pengembangan, segmen usaha yang dikelola oleh perusahaan induk ini memproduksi obat jadi dan obat tradisional, yodium, kina dan produk-produk turunannya, serta minyak nabati. Lima fasilitas produksi yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia merupakan tulang punggung dari segmen industri.

Plant Jakarta memproduksi sediaan tablet, tablet salut, kapsul, granul, sirop kering, suspensi/sirop, tetes mata, krim, antibiotika dan injeksi. Unit ini merupakan satu-satunya pabrik obat di Indonesia yang mendapat tugas dari pemerintah untuk memproduksi obat golongan narkotika. Industri formulasi ini telah memperoleh sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) clan ISO-9001.

Plant Bandung memproduksi bahan baku kina dan turunan-turunannya, rifampicin, obat asli Indonesia dan alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR). Unit produksi ini telah mendapat US-FDA Approval. Selain itu, Plant Bandung juga memproduksi tablet, sirup, serbuk, dan produk kontrasepsi Pil Keluarga Berencana. Unit produksi ini telah menerima sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dan ISO-9002.

Plant Semarang mengkhususkan diri pada produksi minyak jarak, minyak nabati dan kosmetika (bedak). Untuk menjamin kualitas hasil produksi, unit ini secara konsisten menerapkan sistem manajemen mutu ISO-9001 serta telah memperoleh sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dan US-FDA Approval.

Plant Watudakon di Jawa Timur merupakan satu-satunya pabrik yang mengolah tambang yodium di Indonesia. Unit ini memproduksi yodiurn dan garam-garamnya, bahan baku ferro sulfat sebagai bahan utama pembuatan tablet besi untuk obat tambah darah, dan kapsul lunak "Yodiol" yang merupakan obat pilihan untuk pencegahan gondok. Plant Watudakon juga mempunyai fasilitas produksi formulasi seperti tablet, tablet salut, kapsul lunak, salep, sirop clan cairan obat luar/dalam. Unit ini telah memperoleh sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB), ISO-9002 clan ISO-14001.

Plant Tanjung Morawa di Medan, Sumatera Utara, dikhususkan untuk memasok kebutuhan obat di wilayah Sumatera. Produk yang dihasilkan oleh pabrik yang telah memperoleh sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) ini meliputi sediaan tablet, krim dan kapsul.


Distribusi dan Perdagangan

Unit Distribusi yang direpresentasikan oleh PT. Kimia Farma Trading & Distribution sangat berperan penting dalam upaya peningkatan penjualan produk-produk Kimia Farma.


Apotek

PT. Kimia Farma Apotek, adalah anak perusahaan yang dibentuk oleh Kimia Farma untuk mengelola Apotek-apotek milik perusahaan yang ada, dalam upaya meningkatkan kontribusi penjualan untuk memperbesar penjualan konsolidasi PT. Kimia Farma Tbk.


Laboratorium Klinik

Menangkap peluang dari meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya arti Kesehatan, pembentukan unit usaha baru ini terutama ditujukan untuk memberikan layanan pemeriksaan Laboratorium Klinik dan Pemeriksaan Mikrobiologi Industri.

Layanan yang diberikan, yaitu :

  • Pemeriksaan Atas Permintaan Sendiri (APS)
  • Pemeriksaan Atas Permintaan Dokter(APD)
  • Medical Check Up
  • Pemeriksaan Mikrobiologi Industri
  • Pemeriksaan Rujukan

Klinik

  • Sebagai salah satu upaya mewujudkan visi perusahaan menjadi Healthcare Company, maka Kimia Farma telah merintis infrastruktur bisnisnya memasuki usaha jaringan penyedia layanan kesehatan (klinik kesehatan) yang terpadu dan terintegrasi dengan membangun sistem informasi yang mendukung.
  • Klinik Kesehatan Kimia Farma dengan konsep one stop healthcare services menyediakan layanan klinik dokter yang didukung dengan layanan pemeriksaan kesehatan (laboratorium), layanan farmasi (apotek) dan layanan pendukung lainnya.
  • Jasa layanan kesehatan yang akan diberikan meliputi konsultasi, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan, layanan medical check upa dan untuk perorangan dan perusahaan, serta perencanaan administrasi pelayanan kesehatan dan pengelolaan medical record untuk karyawan.
  • Layanan tersebut diatas juga akan diupgrade sesuai dengan kebutuhan konsumen melalui layanan e-care service.

Klinik Kimia Farma ke depan dihadirkan oleh perusahaan sebagai suatu solusi total kesehatan.


Perdagangan Internasional

PT. Kimia Farma juga telah melakukan ekspansi bisnisnya tidak hanya di tingkat nasional tapi juga mulai memasuki tingkat perdagangan internasional. Produk-produk Kimia Farma yang mencakup produk obat jadi dan sediaan farmasi serta bahan baku obat seperti Iodine dan Quinine telah memasuki pasar dinegara : Erope, India, Jepang, Taiwan and New Zealand. Produk Jadi dan Kosmetik telah dipasarkan ke Yemen, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, Vietnam, Sudan, and Papua New Guinea. Demikian juga untuk produk-produk herbal yang berasal dari bahan alami juga telah dipersiapkan proses registrasinya untuk memasuki pasar baru seperti : Filipina, Myanmar, Pakistan, Uni Emirat Arab, Oman, Bahrain and Bangladesh. Produk Herbal merupakan target utama korporasi untuk periode mendatang mengingat banyaknya peminat dan pembeli potensial yang telah menunjukkan minat untuk melakukan hubungan bisnis dengan perusahaan.


Merger

Isu tentang akan mergernya Kimia Farma dengan BUMN Farmasi lainnya sudah dimulai dari tahun 2001. Namun sampai saat ini merger tersebut belum terealisasi. Saat ini sedang dirancang merger antara Kimia Farma dan Indofarma yang diharapkan selesai plaing lambat Quarter I tahun 2010.

Jumat, 13 November 2009

Nikon D60

Nikon D60 adalah kamera digital jenis SLR dengan resoulsi 10.2 megapixel. Menggunakan image processor EXPEED untuk meghasilkan gambar yang maksimal serta kecepatan yang lebih baik.

Kamera Digital Nikon DSLR D60, terbuat dari plastic dengan kualitas yang tinggi, berwarna hitam.


Spesifikasi :
- Resolusi 10.2-megapixel- Sony Alpha / Minolta-A bayonet lens mount
- Resolusi maksimal 3872 x 2592
- Jenis sensor CCD
- ISO 100-1600
- Shutter speed 30detik - 1/4000 detik
- Jenis type file JPEG, RAW (NEF)
- Jenis memory card : SD/MMC/SDHC
- LCD ukuran 2.5-inch TFT color
- Eye Sensor - LCD otomatis mati jika kita melihat optical viewfinder
- Hot Shoe untuk flash
- Internal flash dengan Nikon iTTL flash control
- Nikon Anti Debu (Nikon Integrated Dust Reduction System)
- Nikon F mount.
- Battery Lithium Ion (EN-EL9)
- Berat 495g (kosongan)
- Ukuran 5.0 x 3.7 x 2.5 in

Official website : Nikon D60

More Information:
Nikon D60 adalah penerus kamera digital Nikon sebelumnya yaitu D40x. Beberapa hal yang dikembangkan sejak Nikon D40x adalah pembersih sensor gambar otomatis, dan beberapa hal lainnya. Kamera ini memiliki resolusi 10 megapixel, yang dapat menangkap gambar continous (tanpa berhenti pada saat tombol shutter ditekan) sebanyak 3 frame per detik. Dengan dilengkapi LCD yang cukup lebar, yaitu 2.5 in, membuat kita semakin mudah untuk melihat hasil foto yang kita tangkap.

Kamera Digital Nikon D60 pada bodynya tidak dilengkapi dengan auto focus motor. Hal ini membuat kamera Nikon D60 jika ingin menggunakan fitur autofocus, harus di kombinasikan dengan lensa jenis AF-S dan AF-I yang mana pada lensa tersebut sudah dilengkapi dengan motor autofocus. Namun lensa-lensa jenis NIKKOR lainnya tetap dapat digunakan seperti biasa pada kamera ini, tetapi karena lensa selain AF-S dan AF-I tidak memiliki motor autofocus, maka fitur autofocus menjadi tidak bisa dipakai pada Nikon D60.

Pada bagian dalam mount lensa Nikon D60, dilengkapi dengan system anti debu terbaru. Nikon menggunakan 2 macam cara untuk membersihkan debu pada sensornya, yaitu pertama dengan menggunakan gelombang ultrasonic low-pass-filter untuk memberikan getaran sehingga debu-debu terjatuh dari sensor, dan teknik yang kedua adalah dengan Airflow Control System, yaitu adanya lubang-lubang kecil dibagian depan kaca refleksi viewfinder, sehingga pada saat kaca tersebut bergerak, maka akan menghasilkan angin akibat gerakan kaca tersebut yang akan mengakibatkan debu terjatuh pada lubang tersebut.

Kamera Nikon D60 dilengkapi dengan EXPEED image processor, yang bekerja untuk menghasilkan gambar yang maksimal dan kecepatan yang lebih baik, noise reduction yang semakin sempurna sehingga penggunaan kamera pada keadaan yang memerlukan ISO tinggi tetap dapat menghasilkan gambar yang relatif bagus dan noisenya dapat diterima.

Pada bagian atas kamera Nikon D60, terdapat pop-up flash yang bergerak secara elektronik, jadi gerakannya dikendalikan oleh motor. Flash internal kamera Nikon D60 ini memiliki guide number 12 pada ISO 100, hal ini sama dengan flash internal yang terdapat pada kamera Nikon D40x. Selain dengan internal flash, kamera Nikon D60 juga dilengkapi dengan hot shoe untuk penambahan external flash. Hot shoe pada kamera ini support iTTL flash metering untuk jenis flash SB-400, SB-600 dan SB-800 Speedlight. Dibagian kanan kamera ini, terdapat lampu bantuan AF assist, yaitu cahaya yang membantu untuk focus pada object yang dituju jika kondisi cahayanya gelap. Selain untuk bantuan focus, lampu AF-assist pada kamera Nikon D60 juga berfungsi untuk memberikan hitungan pada saat counter untuk self-timer. Fungsi lainnya lagi dari cahaya AF-assist kamera ini adalah untuk membantu mengurangi efek mata merah (red eye). Jadi jika kita menggunakan fitus Red-Eye pada kondisi cahaya yang kurang terang, maka lampu AF-assist akan menyala terlebih dahulu untuk membuat mata kita menjadi sedikit silau, setelah ini flash utama akan bekerja sekaligus pengambilan gambar.

Kamera Digital Nikon D60 menggunakan battery lithium EN-EL9, jenis ini juga dipakai pada kamera Nikon D40 dan D40x. Untuk power management pada kamera D60, pemakaian battery sedikit lebih boros jika dibandingkan pendahulunya Nikon D40x. Untuk kamera D60, disebutkan untuk pemakaian normal, battery dapat digunakan untuk pengambilan hingga mencapai 500x foto. Namun ini sangat berpengaruh dengan seberapa banyak pemakaian LCD dan juga internal flash. Karena semakin sering kita menggunakan LCD untuk review atau setting kamera, maka semakin boros keperluan konsumsi batterynya. Disarankan untuk memiliki battery cadangan untuk menghindari kondisi yang tidak di inginkan.

Canon EOS 1000D

Canon EOS 1000D atau dikenal juga dengan sebutan Digital Rebel XS, adalah kamera digital SLR dengan resolusi 10.1megapixel menggunakan sensor CMOS.

Body kamera Canon EOS 1000D terbuat dari plastic khusus dan dilapisi dengan karet pada bagian tertentu, casing bodynya terbuat dari stainless stell, kamera ini dikeluarkan dengan warna hitam dan silver.


Spesifikasi :
- Resolusi 10.1 megapixel
- Sensor CMOS
- Resolusi maksimal 3888 x 2592
- Digic III Image Processor
- Jenis file RAW dan JPEG file formats
- Shutter speeds 1/4000 sampai 30 seconds
- LCD 2.5 inc dengan resolusi 230,000 pixels
- Support Live View dari LCD
- ISO range: auto, 100 sampai 1600
- Hotshoe
- Jenis memory: SD / SDHC
- Video output NTSC / PAL format
- Remote control E3
- USB 2.0 hi-speed data and control interface
- Battery Lithium-Ion LP-E5
- Ukuran 5.1 x 3.9 x 2.4 in
- Berat 502 g (dengan battery)

Official website : Canon EOS 1000D

More Information:
Kamera digital Canon EOS 1000D adalah nama yang digunakan pada pemasaran di wilayah Eropa, sedangkan pada wilayah Jepang dikenal sebagai Digital Rebel XS atau Canon EOS Kiss Digital F. Adalah kamera profesional entry level meneruskan pendahulunya Canon EOS 450D, dengan beberapa upgrade pada fasilitasnya, salahsatunya adalah menggunakan image processor DIGIC III yang memberikan kesempurnaan gambar serta kecepatan focus dan opeasional yang lebih baik jika dibandingkan processor sebelumnya. Kamera ini juga dilengkapi dengan live view pada LCD sehingga kita dapat melihat object yang akan di shoot melalui layar LCD. Salah satu kelebihan dari live view ini adalah kita bisa mendapatkan 100% object tanpa ada yang terlewatkan, dibanding jika kita melihat object melalui optical viewfinder, yang biasanya hasil fotonya akan menjadi sedikit lebih besar dibanding apa yang dilihat dari optical viewfinder. Yang harus diperhatikan bahwa live view pada kamera Canon EOS 1000D ini tidak bisa digunakan pada mode shooting tertentu.

Pada saat pembelian kamera Canon EOS 1000D ini, akan disertakan lensa kit dengan ukuran 18-55 IS EF-S F3.5-5.6. Salah satu kelebihan dari lensa kit ini adalah kemampuan image stabilizer yang membuat kita dapat menurutkan kecepatan shutterspeed untuk mendapatkan hasil yang lebih sesuai, tanpa takut gambar menjadi kabur akibat getaran tanggan pada saat kita menekan tombol shutter. Kamera ini menggunakan mount lensa yang cocok untuk lensa EF dan EF-S, sehingga kita dapat lebih flexible dalam memilih lensa apa yang akan digunakan dengan kamera ini.

Jenis memory yang digunakan pada kamera Canon EOS 1000D adalah SD (secure digital) memory card dan juga bisa digunakan pada memory jenis SDHC untuk kapasitas yang lebih besar. Karena saat ini harga memory semakin murah, dan juga kemampuan menyimpan kamera ini yang semakin besar, maka disarankan untuk menggunakan memory card dengan ukuran yang besar atau setidaknya diatas 1G.

Sama seperti kamera digital jenis EOS lainnya, kamera ini dilengkapi dengan system pembersih sensor yang dapat membantu membersihkan debu dari sensor sehingga hasil foto kita tidak terganggu akibat kotoran debu tersebut. Cara Kamera Canon EOS 1000D ini membersihkan sensor adalah dengan getaran gelombang ultrasonic dan kemudian menggunakan low pass filter yang memiliki lapisan anti-static yang dapat melindungi dari debu.

Kamera Canon EOS 1000D dilengkapi dengan pop-up flash, yang secara elektronis akan terbuka jika diperlukan. Flash guide number untuk flash internal ini adalah 13 meter pada ISO 100. Pada ukuran ini flashnya cukup kuat jika dibandingkan kamera digital sejenisnya. Flash ini juga berfungsi sebagai lampu AF assist, untuk membantu kamera menemukan focus jika kita akan memotret object pada kondisi cahaya yang kurang.

Canon EOS 1000D juga didesign untuk dapat digunakan pada batery grip jenis BG-E5 (optional, tidak disertakan didalam dos pembelian kamera) agar dapat ditambahkan battery dengan jenis double lithium ataupun dengan jenis battery AA yang bisa didapatkan dengan mudah disupermarket terdekat jika kita kehabisan battery. Performa battery bawaan kamera Canon EOS 1000D (battery jenis LP-E5) ini cukup baik yang disebutkan dapat digunakan untuk kuranglebih 500 kali shoot pada kondisi normal, namun hal ini sangat berpengaruh seberapa sering kita menggunakan LCD untuk review ataupun preview, juga seberapa banyak kita menggunakan internal flash akan mempengaruhi kekuatan battery. Disarankan untuk memiliki battery cadangan untuk menghindari kondisi yang tidak terduga.